Pengembangan Game Edukasi Studi Kasus Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas)

Main Author: APRIANTO, AGUNG NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/57439/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/2/2.%20COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/3/3.-LEMBAR-PERNYATAAN-ORISINALITAS.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/4/4.-SURAT-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-TUGAS-AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/5/5.-SURAT-PERNYATAAN-LUARAN-TUGAS-AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/6/6.-LEMBAR-PERSETUJUAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/7/7.-SURAT-PERSETUJUAN-PENGUJI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/8/8.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/9/9.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/10/10.%20ABSTRACT.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/11/11.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/12/12.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/14/14.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/15/15.%20NASKAH%20JURNAL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/16/16.%20KERTAS%20KERJA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/17/17.%20bagian%201.%20literatur%20review.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/18/18.%20bagian%202.%20analisis%20dan%20perancangan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/19/19.%20bagian%203.%20source%20code.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/20/20.%20bagian%204.%20dataset.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/21/21.%20bagian%205.%20tahapan%20eksperimen.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/22/22.%20bagian%206.%20hasil%20semua%20eksperimen.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/
ctrlnum 57439
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/</relation><title>Pengembangan Game Edukasi&#xD; Studi Kasus : Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas)</title><creator>APRIANTO, AGUNG NUR</creator><subject>000.01-000.09 Standard Subdivisions of Computer Science, Information and General Works/Subdivisi Standar Dari Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum</subject><subject>005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Sejarah merupakan bagian terpenting dalam kehidupan kita khususnya bangsa Indonesia ,&#xD; karena dengan mempelajari sejarah kita tahu bahwa sesungguhnya bangsa Indonesia adalah&#xD; bangsa yang besar. Namun seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang&#xD; pengajaran sejarah pun harus mengikuti perkembangan teknologi. Maka dibuatlah game&#xD; edukasi sejarah dengan mengambil pembelajaran dari diorama di Monumen Nasional&#xD; (Monas). Terdapat proses iterative dalam pengembangan game yaitu membuat prototipe ,&#xD; dimainkan (testing) dan disempurnakan berulang kali sebelum dianggap final. Game&#xD; dirancang seperti genre adventure yaitu pemain akan melakukan perjalanan dari luar area&#xD; monas hingga masuk ke dalam monas. Setelah masuk pemain bisa melihat diorama &#x2013; diorama&#xD; seperti layaknya di monas dalam grafis dua dimensi. Jika karakter didekatkan pada diorama&#xD; maka akan muncul sebuah trigger yang akan membawa pemain masuk ke diorama tersebut.&#xD; Untuk bisa keluar dalam diorama tersebut pemain harus menyelesaikan tantangan yang ada&#xD; seperti menjawab kuis. Game ini dibuat beberapa scene yang diimplementasikan dengan&#xD; game engine unity. Berdasarkan pengujian black box fitur &#x2013; fitur game edukasi sejarah di&#xD; monas bekerja sesua harapan.&#xD; Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Unity, Monas.&#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; History is the most important part of our lives, especially as Indonesian people, because by&#xD; studying history we know that in fact the Indonesian are a great nation. Nowadays the&#xD; technology is growing the way for teaching history must follow it, therefore the historical of&#xD; Indonesian empires game was created by taking information from diorama in Monumen&#xD; Nasional (Monas). There is iterative process in game development that is make a prototype,&#xD; playtest and repair until the mechanism of the game is well played. The game is designed like&#xD; an adventure game that player will travelling from outside area of monas to inside area of&#xD; monasa. After inside the area of monas, the player can see the diorama like in monas in two&#xD; dimensional graphics. Player can trigger the diorama to enter the diorama world when&#xD; character close the diorama and complete the quiz for get out of diorama world. The game&#xD; is made by several scene that implemented with untiy game engine. According to the black&#xD; box testing, the historical of Indonesian empires game&#x2019;s feature works as expected.&#xD; Keywords: Game, Education Game, Unity, Monas.</description><date>2020-10-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/2/2.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/3/3.-LEMBAR-PERNYATAAN-ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/4/4.-SURAT-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-TUGAS-AKHIR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/5/5.-SURAT-PERNYATAAN-LUARAN-TUGAS-AKHIR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/6/6.-LEMBAR-PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/7/7.-SURAT-PERSETUJUAN-PENGUJI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/8/8.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/9/9.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/10/10.%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/11/11.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/12/12.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/14/14.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/15/15.%20NASKAH%20JURNAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/16/16.%20KERTAS%20KERJA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/17/17.%20bagian%201.%20literatur%20review.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/18/18.%20bagian%202.%20analisis%20dan%20perancangan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/19/19.%20bagian%203.%20source%20code.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/20/20.%20bagian%204.%20dataset.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/21/21.%20bagian%205.%20tahapan%20eksperimen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/22/22.%20bagian%206.%20hasil%20semua%20eksperimen.pdf</identifier><identifier> APRIANTO, AGUNG NUR (2020) Pengembangan Game Edukasi Studi Kasus : Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna. </identifier><recordID>57439</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author APRIANTO, AGUNG NUR
title Pengembangan Game Edukasi Studi Kasus : Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas)
title_sub Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas)
publishDate 2020
topic 000.01-000.09 Standard Subdivisions of Computer Science
Information and General Works/Subdivisi Standar Dari Ilmu Komputer
Informasi
dan Karya Umum
005 Computer Programmming
Programs
Data/Pemprograman Komputer
Program
Data
url http://repository.mercubuana.ac.id/57439/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/2/2.%20COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/3/3.-LEMBAR-PERNYATAAN-ORISINALITAS.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/4/4.-SURAT-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-TUGAS-AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/5/5.-SURAT-PERNYATAAN-LUARAN-TUGAS-AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/6/6.-LEMBAR-PERSETUJUAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/7/7.-SURAT-PERSETUJUAN-PENGUJI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/8/8.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/9/9.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/10/10.%20ABSTRACT.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/11/11.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/12/12.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/14/14.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/15/15.%20NASKAH%20JURNAL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/16/16.%20KERTAS%20KERJA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/17/17.%20bagian%201.%20literatur%20review.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/18/18.%20bagian%202.%20analisis%20dan%20perancangan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/19/19.%20bagian%203.%20source%20code.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/20/20.%20bagian%204.%20dataset.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/21/21.%20bagian%205.%20tahapan%20eksperimen.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/22/22.%20bagian%206.%20hasil%20semua%20eksperimen.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/
contents ABSTRAK Sejarah merupakan bagian terpenting dalam kehidupan kita khususnya bangsa Indonesia , karena dengan mempelajari sejarah kita tahu bahwa sesungguhnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Namun seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang pengajaran sejarah pun harus mengikuti perkembangan teknologi. Maka dibuatlah game edukasi sejarah dengan mengambil pembelajaran dari diorama di Monumen Nasional (Monas). Terdapat proses iterative dalam pengembangan game yaitu membuat prototipe , dimainkan (testing) dan disempurnakan berulang kali sebelum dianggap final. Game dirancang seperti genre adventure yaitu pemain akan melakukan perjalanan dari luar area monas hingga masuk ke dalam monas. Setelah masuk pemain bisa melihat diorama – diorama seperti layaknya di monas dalam grafis dua dimensi. Jika karakter didekatkan pada diorama maka akan muncul sebuah trigger yang akan membawa pemain masuk ke diorama tersebut. Untuk bisa keluar dalam diorama tersebut pemain harus menyelesaikan tantangan yang ada seperti menjawab kuis. Game ini dibuat beberapa scene yang diimplementasikan dengan game engine unity. Berdasarkan pengujian black box fitur – fitur game edukasi sejarah di monas bekerja sesua harapan. Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Unity, Monas. ABSTRACT History is the most important part of our lives, especially as Indonesian people, because by studying history we know that in fact the Indonesian are a great nation. Nowadays the technology is growing the way for teaching history must follow it, therefore the historical of Indonesian empires game was created by taking information from diorama in Monumen Nasional (Monas). There is iterative process in game development that is make a prototype, playtest and repair until the mechanism of the game is well played. The game is designed like an adventure game that player will travelling from outside area of monas to inside area of monasa. After inside the area of monas, the player can see the diorama like in monas in two dimensional graphics. Player can trigger the diorama to enter the diorama world when character close the diorama and complete the quiz for get out of diorama world. The game is made by several scene that implemented with untiy game engine. According to the black box testing, the historical of Indonesian empires game’s feature works as expected. Keywords: Game, Education Game, Unity, Monas.
id IOS5909.57439
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2020-10-16T20:56:33Z
last_indexed 2020-10-16T20:56:33Z
recordtype dc
_version_ 1685794946709192704
score 17.538404