Pengembangan Game Edukasi Studi Kasus Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas)
ctrlnum |
57439 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/</relation><title>Pengembangan Game Edukasi
Studi Kasus : Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas)</title><creator>APRIANTO, AGUNG NUR</creator><subject>000.01-000.09 Standard Subdivisions of Computer Science, Information and General Works/Subdivisi Standar Dari Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum</subject><subject>005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data</subject><description>ABSTRAK

Sejarah merupakan bagian terpenting dalam kehidupan kita khususnya bangsa Indonesia ,
karena dengan mempelajari sejarah kita tahu bahwa sesungguhnya bangsa Indonesia adalah
bangsa yang besar. Namun seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang
pengajaran sejarah pun harus mengikuti perkembangan teknologi. Maka dibuatlah game
edukasi sejarah dengan mengambil pembelajaran dari diorama di Monumen Nasional
(Monas). Terdapat proses iterative dalam pengembangan game yaitu membuat prototipe ,
dimainkan (testing) dan disempurnakan berulang kali sebelum dianggap final. Game
dirancang seperti genre adventure yaitu pemain akan melakukan perjalanan dari luar area
monas hingga masuk ke dalam monas. Setelah masuk pemain bisa melihat diorama – diorama
seperti layaknya di monas dalam grafis dua dimensi. Jika karakter didekatkan pada diorama
maka akan muncul sebuah trigger yang akan membawa pemain masuk ke diorama tersebut.
Untuk bisa keluar dalam diorama tersebut pemain harus menyelesaikan tantangan yang ada
seperti menjawab kuis. Game ini dibuat beberapa scene yang diimplementasikan dengan
game engine unity. Berdasarkan pengujian black box fitur – fitur game edukasi sejarah di
monas bekerja sesua harapan.
Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Unity, Monas.

ABSTRACT

History is the most important part of our lives, especially as Indonesian people, because by
studying history we know that in fact the Indonesian are a great nation. Nowadays the
technology is growing the way for teaching history must follow it, therefore the historical of
Indonesian empires game was created by taking information from diorama in Monumen
Nasional (Monas). There is iterative process in game development that is make a prototype,
playtest and repair until the mechanism of the game is well played. The game is designed like
an adventure game that player will travelling from outside area of monas to inside area of
monasa. After inside the area of monas, the player can see the diorama like in monas in two
dimensional graphics. Player can trigger the diorama to enter the diorama world when
character close the diorama and complete the quiz for get out of diorama world. The game
is made by several scene that implemented with untiy game engine. According to the black
box testing, the historical of Indonesian empires game’s feature works as expected.
Keywords: Game, Education Game, Unity, Monas.</description><date>2020-10-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/2/2.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/3/3.-LEMBAR-PERNYATAAN-ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/4/4.-SURAT-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-TUGAS-AKHIR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/5/5.-SURAT-PERNYATAAN-LUARAN-TUGAS-AKHIR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/6/6.-LEMBAR-PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/7/7.-SURAT-PERSETUJUAN-PENGUJI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/8/8.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/9/9.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/10/10.%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/11/11.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/12/12.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/14/14.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/15/15.%20NASKAH%20JURNAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/16/16.%20KERTAS%20KERJA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/17/17.%20bagian%201.%20literatur%20review.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/18/18.%20bagian%202.%20analisis%20dan%20perancangan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/19/19.%20bagian%203.%20source%20code.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/20/20.%20bagian%204.%20dataset.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/21/21.%20bagian%205.%20tahapan%20eksperimen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57439/22/22.%20bagian%206.%20hasil%20semua%20eksperimen.pdf</identifier><identifier> APRIANTO, AGUNG NUR (2020) Pengembangan Game Edukasi Studi Kasus : Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna. </identifier><recordID>57439</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
APRIANTO, AGUNG NUR |
title |
Pengembangan Game Edukasi
Studi Kasus : Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas) |
title_sub |
Sejarah Kerajaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas) |
publishDate |
2020 |
topic |
000.01-000.09 Standard Subdivisions of Computer Science Information and General Works/Subdivisi Standar Dari Ilmu Komputer Informasi dan Karya Umum 005 Computer Programmming Programs Data/Pemprograman Komputer Program Data |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/57439/1/1.%20COVER.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/2/2.%20COVER.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/3/3.-LEMBAR-PERNYATAAN-ORISINALITAS.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/4/4.-SURAT-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-TUGAS-AKHIR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/5/5.-SURAT-PERNYATAAN-LUARAN-TUGAS-AKHIR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/6/6.-LEMBAR-PERSETUJUAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/7/7.-SURAT-PERSETUJUAN-PENGUJI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/8/8.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/9/9.%20ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/10/10.%20ABSTRACT.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/11/11.%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/12/12.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/14/14.%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/15/15.%20NASKAH%20JURNAL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/16/16.%20KERTAS%20KERJA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/17/17.%20bagian%201.%20literatur%20review.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/18/18.%20bagian%202.%20analisis%20dan%20perancangan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/19/19.%20bagian%203.%20source%20code.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/20/20.%20bagian%204.%20dataset.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/21/21.%20bagian%205.%20tahapan%20eksperimen.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/22/22.%20bagian%206.%20hasil%20semua%20eksperimen.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57439/ |
contents |
ABSTRAK
Sejarah merupakan bagian terpenting dalam kehidupan kita khususnya bangsa Indonesia ,
karena dengan mempelajari sejarah kita tahu bahwa sesungguhnya bangsa Indonesia adalah
bangsa yang besar. Namun seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang
pengajaran sejarah pun harus mengikuti perkembangan teknologi. Maka dibuatlah game
edukasi sejarah dengan mengambil pembelajaran dari diorama di Monumen Nasional
(Monas). Terdapat proses iterative dalam pengembangan game yaitu membuat prototipe ,
dimainkan (testing) dan disempurnakan berulang kali sebelum dianggap final. Game
dirancang seperti genre adventure yaitu pemain akan melakukan perjalanan dari luar area
monas hingga masuk ke dalam monas. Setelah masuk pemain bisa melihat diorama – diorama
seperti layaknya di monas dalam grafis dua dimensi. Jika karakter didekatkan pada diorama
maka akan muncul sebuah trigger yang akan membawa pemain masuk ke diorama tersebut.
Untuk bisa keluar dalam diorama tersebut pemain harus menyelesaikan tantangan yang ada
seperti menjawab kuis. Game ini dibuat beberapa scene yang diimplementasikan dengan
game engine unity. Berdasarkan pengujian black box fitur – fitur game edukasi sejarah di
monas bekerja sesua harapan.
Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Unity, Monas.
ABSTRACT
History is the most important part of our lives, especially as Indonesian people, because by
studying history we know that in fact the Indonesian are a great nation. Nowadays the
technology is growing the way for teaching history must follow it, therefore the historical of
Indonesian empires game was created by taking information from diorama in Monumen
Nasional (Monas). There is iterative process in game development that is make a prototype,
playtest and repair until the mechanism of the game is well played. The game is designed like
an adventure game that player will travelling from outside area of monas to inside area of
monasa. After inside the area of monas, the player can see the diorama like in monas in two
dimensional graphics. Player can trigger the diorama to enter the diorama world when
character close the diorama and complete the quiz for get out of diorama world. The game
is made by several scene that implemented with untiy game engine. According to the black
box testing, the historical of Indonesian empires game’s feature works as expected.
Keywords: Game, Education Game, Unity, Monas. |
id |
IOS5909.57439 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2020-10-16T20:56:33Z |
last_indexed |
2020-10-16T20:56:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685794946709192704 |
score |
17.538404 |