Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jakarta adalah salah satu kota metropolitan yang juga merupakan Ibu Kota dari Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Jakarta semakin bertumbuh dari segi jumlah penduduknya, BPS memproyeksikan adanya peningkatan populasi sebesar 0,73% dari jumlah proyeksi tahun 2018 sampai tahun 2019 (BPS, 2015). Dengan adanya hal tersebut maka diperlukan juga Transportasi Publik yang memadai untuk menunjang kebutuhan mobilisasi sehari-hari para penduduknya. Salah satu penyediaan Transportasi Publik dari pemerintah DKI Jakarta adalah BRT Transjakarta Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor muat, waktu tempuh, waktu henti, waktu tunggu, waktu antara, frekuensi, waktu sirkulasi, kecepatan perjalanan, dan kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan yang telah ada pada Bus Transjakarta rute perjalanan Pondok Gede-Pulogadung. Metode yang digunakan adalah survey langsung pada hari Sabtu dan Senin dari pukul 06.00 – 19.00 WIB. Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan didapatkan bahwasanya, faktor muat rata-rata adalah sebesar 22, 49%, Waktu henti selama 5,9menit, Waktu antara rata-rata adalah selama 17 menit, frekuensi kendaraan 3,5 kendaraan/jam, waktu sirkulasi rata-rata adalah selama 248 menit, kecepatan perjalanan rata-rata adalah selama 13km/jam. Dari beberapa point yang disebutkan tersebut diatas, faktor muat, waktu antara, frekuensi kendaraan, belum masuk kategori memadai berdasarkan syarat Standar Pelayanan Minimal Transjakarta. Kata kunci : Kinerja BRT, Kepuasan Pelanggan, Transjakarta. ABSTRACT Jakarta is a metropolitan city which is also the capital of Indonesia. As time goes by, Jakarta’s population is growing, BPS projects an increase in population of 0.73% from the projected 2018 to 2019 (BPS, 2015). Therfore, satisfying public transportation is also needed to support the daily mobilization needs of its population. One of Public Transportation already provided from the DKI Jakarta government is the Transjakarta BRT This Final Project writing aims to determine the loading factor, travel time, stopped time, waiting time, headway time, frequency, circulation time, travel speed, and customer satisfaction with the service performance that already exists on the Transjakarta Bus Pondok Gede-Pulogadung travel route. The method we used is a direct survey thats begin on Saturdays and Mondays from 06:00 to 19:00 WIB. Based on the results of the analysis that has been done, it is found that the average load factor is 22, 49%, stopped time is 5.9 minutes, the average time of headways is 17 minutes, frequency is 3.5 vehicles / hour, circulation time average is 248 minutes, average of travel speed is 13km / hour. From some of the points, load factor, headway time, vehicle frequency, have’nt been included in the appropriate category based on Minimum Service Standart’s Transjakarta Keywords: BRT Performance, Customer Satisfaction, Transjakarta.