PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB

Main Author: AKBAR, MUHAMAD JULI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/57174/1/1.%20JUDUL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/3/3.%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/7/8.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/8/7.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/9/9.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/10/10.%20BAB%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/11/11.%20BAB%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/12/12.%20BAB%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/13/13.%20BAB%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/16/14.%20BAB%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/15/15.%20BAB%206.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/17/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/18/17.%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/
ctrlnum 57174
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/</relation><title>PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB</title><creator>AKBAR, MUHAMAD JULI</creator><subject>004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika</subject><subject>004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer</subject><subject>006.75 Social Multimedia/Multimedia Social</subject><subject>006.752 Blogs/Blog, Web Blog</subject><description>The engagement level of followers towards Instagram influencers can be&#xD; measured in effectiveness. With current technological advancements, information&#xD; systems can be developed to help analyze influencer data quickly, easily and&#xD; effectively so as to facilitate stakeholders in managing and making decisions for&#xD; product marketing needs on social media. In this study a case study was carried&#xD; out first by collecting historical data from the Instagram account line of an&#xD; influencer to produce a model to be used in the information system to be&#xD; developed. Data collection is done by visiting the influencer's profile page on&#xD; Instagram social media which is publicly accessible with this web-based&#xD; information system that can access publicly available data into information&#xD; needed for measuring engagement effectiveness by adding the number of likes&#xD; and comments from several posts and dividing it by the number of followes. The&#xD; conclusion of the development of information systems for measuring the level of&#xD; engagement is that Influencers who have an effective level of engagement can be&#xD; easily identified.&#xD; Keywords: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate,&#xD; information system engagement, instagram&#xD; &#xD; Tingkat engagement pengikut terhadapa influencer Instagram dapat diukur&#xD; efektifitasnya. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka sistem informasi dapat&#xD; dikembangkan untuk membantu menganalisis data influencer secara cepat, mudah&#xD; dan efektif sehingga mempermudah stakeholder dalam mengelola dan mengambil&#xD; keputusan untuk kebutuhan pemasaran produk di media sosial. Dalam penelitian&#xD; ini studi kasus dilakukan terlebih dahulu dengan mengumpulkan data histori dari&#xD; lini masa akun Instagram seorang influencer untuk menghasilkan model yang&#xD; akan digunakan dalam sistem informasi yang akan dikembangkan. Pengumpulan&#xD; data dilakukan dengan mengunjungi langsung halaman profil influencer di media&#xD; sosial Instagram yang secara publik dapat diakses dengam sistem informasi&#xD; berbasis web ini dapat mengakses data-data yang tersedia secara publik tersebut&#xD; menjadi informasi yang dibutuhkan untuk pengukuran efektifitas engagement&#xD; dengan menambahkan jumlah like dan comment dari beberapa posting dan&#xD; membaginya dengan jumlah follower. Kesimpulan pada pengembangan sistem&#xD; informasi pengukuran tingkat engagement ini bahwa Influencer yang memiliki&#xD; tingkat engagement yang efektif dapat diketahui dengan mudah.&#xD; Kata kunci: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate,&#xD; sistem informasi engagement, instagram.</description><date>2020-09-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/1/1.%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/3/3.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/7/8.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/8/7.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/9/9.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/10/10.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/11/11.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/12/12.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/13/13.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/16/14.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/15/15.%20BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/17/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/18/17.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> AKBAR, MUHAMAD JULI (2020) PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>57174</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AKBAR, MUHAMAD JULI
title PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB
publishDate 2020
topic 004 Data Processing
Computer Science/Pemrosesan Data
Ilmu Komputer
Teknik Informatika
004.6 Interfacing and Communications
Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
006.75 Social Multimedia
Multimedia Social
006.752 Blogs/Blog
Web Blog
url http://repository.mercubuana.ac.id/57174/1/1.%20JUDUL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/3/3.%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/7/8.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/8/7.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/9/9.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/10/10.%20BAB%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/11/11.%20BAB%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/12/12.%20BAB%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/13/13.%20BAB%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/16/14.%20BAB%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/15/15.%20BAB%206.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/17/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/18/17.%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/
contents The engagement level of followers towards Instagram influencers can be measured in effectiveness. With current technological advancements, information systems can be developed to help analyze influencer data quickly, easily and effectively so as to facilitate stakeholders in managing and making decisions for product marketing needs on social media. In this study a case study was carried out first by collecting historical data from the Instagram account line of an influencer to produce a model to be used in the information system to be developed. Data collection is done by visiting the influencer's profile page on Instagram social media which is publicly accessible with this web-based information system that can access publicly available data into information needed for measuring engagement effectiveness by adding the number of likes and comments from several posts and dividing it by the number of followes. The conclusion of the development of information systems for measuring the level of engagement is that Influencers who have an effective level of engagement can be easily identified. Keywords: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate, information system engagement, instagram Tingkat engagement pengikut terhadapa influencer Instagram dapat diukur efektifitasnya. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka sistem informasi dapat dikembangkan untuk membantu menganalisis data influencer secara cepat, mudah dan efektif sehingga mempermudah stakeholder dalam mengelola dan mengambil keputusan untuk kebutuhan pemasaran produk di media sosial. Dalam penelitian ini studi kasus dilakukan terlebih dahulu dengan mengumpulkan data histori dari lini masa akun Instagram seorang influencer untuk menghasilkan model yang akan digunakan dalam sistem informasi yang akan dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunjungi langsung halaman profil influencer di media sosial Instagram yang secara publik dapat diakses dengam sistem informasi berbasis web ini dapat mengakses data-data yang tersedia secara publik tersebut menjadi informasi yang dibutuhkan untuk pengukuran efektifitas engagement dengan menambahkan jumlah like dan comment dari beberapa posting dan membaginya dengan jumlah follower. Kesimpulan pada pengembangan sistem informasi pengukuran tingkat engagement ini bahwa Influencer yang memiliki tingkat engagement yang efektif dapat diketahui dengan mudah. Kata kunci: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate, sistem informasi engagement, instagram.
id IOS5909.57174
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2020-09-26T12:34:00Z
last_indexed 2020-09-26T12:34:00Z
recordtype dc
_version_ 1685794944407568384
score 17.538404