PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB
ctrlnum |
57174 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/</relation><title>PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB</title><creator>AKBAR, MUHAMAD JULI</creator><subject>004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika</subject><subject>004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer</subject><subject>006.75 Social Multimedia/Multimedia Social</subject><subject>006.752 Blogs/Blog, Web Blog</subject><description>The engagement level of followers towards Instagram influencers can be
measured in effectiveness. With current technological advancements, information
systems can be developed to help analyze influencer data quickly, easily and
effectively so as to facilitate stakeholders in managing and making decisions for
product marketing needs on social media. In this study a case study was carried
out first by collecting historical data from the Instagram account line of an
influencer to produce a model to be used in the information system to be
developed. Data collection is done by visiting the influencer's profile page on
Instagram social media which is publicly accessible with this web-based
information system that can access publicly available data into information
needed for measuring engagement effectiveness by adding the number of likes
and comments from several posts and dividing it by the number of followes. The
conclusion of the development of information systems for measuring the level of
engagement is that Influencers who have an effective level of engagement can be
easily identified.
Keywords: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate,
information system engagement, instagram

Tingkat engagement pengikut terhadapa influencer Instagram dapat diukur
efektifitasnya. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka sistem informasi dapat
dikembangkan untuk membantu menganalisis data influencer secara cepat, mudah
dan efektif sehingga mempermudah stakeholder dalam mengelola dan mengambil
keputusan untuk kebutuhan pemasaran produk di media sosial. Dalam penelitian
ini studi kasus dilakukan terlebih dahulu dengan mengumpulkan data histori dari
lini masa akun Instagram seorang influencer untuk menghasilkan model yang
akan digunakan dalam sistem informasi yang akan dikembangkan. Pengumpulan
data dilakukan dengan mengunjungi langsung halaman profil influencer di media
sosial Instagram yang secara publik dapat diakses dengam sistem informasi
berbasis web ini dapat mengakses data-data yang tersedia secara publik tersebut
menjadi informasi yang dibutuhkan untuk pengukuran efektifitas engagement
dengan menambahkan jumlah like dan comment dari beberapa posting dan
membaginya dengan jumlah follower. Kesimpulan pada pengembangan sistem
informasi pengukuran tingkat engagement ini bahwa Influencer yang memiliki
tingkat engagement yang efektif dapat diketahui dengan mudah.
Kata kunci: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate,
sistem informasi engagement, instagram.</description><date>2020-09-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/1/1.%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/3/3.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/7/8.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/8/7.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/9/9.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/10/10.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/11/11.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/12/12.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/13/13.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/16/14.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/15/15.%20BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/17/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/57174/18/17.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> AKBAR, MUHAMAD JULI (2020) PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>57174</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AKBAR, MUHAMAD JULI |
title |
PENGUKURAN EFEKTIVITAS ENGAGEMENT INSTAGRAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB |
publishDate |
2020 |
topic |
004 Data Processing Computer Science/Pemrosesan Data Ilmu Komputer Teknik Informatika 004.6 Interfacing and Communications Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer 006.75 Social Multimedia Multimedia Social 006.752 Blogs/Blog Web Blog |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/57174/1/1.%20JUDUL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/3/3.%20PERNYATAAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/4/4.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/7/8.%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/8/7.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/9/9.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/10/10.%20BAB%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/11/11.%20BAB%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/12/12.%20BAB%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/13/13.%20BAB%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/16/14.%20BAB%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/15/15.%20BAB%206.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/17/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/18/17.%20LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/57174/ |
contents |
The engagement level of followers towards Instagram influencers can be
measured in effectiveness. With current technological advancements, information
systems can be developed to help analyze influencer data quickly, easily and
effectively so as to facilitate stakeholders in managing and making decisions for
product marketing needs on social media. In this study a case study was carried
out first by collecting historical data from the Instagram account line of an
influencer to produce a model to be used in the information system to be
developed. Data collection is done by visiting the influencer's profile page on
Instagram social media which is publicly accessible with this web-based
information system that can access publicly available data into information
needed for measuring engagement effectiveness by adding the number of likes
and comments from several posts and dividing it by the number of followes. The
conclusion of the development of information systems for measuring the level of
engagement is that Influencers who have an effective level of engagement can be
easily identified.
Keywords: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate,
information system engagement, instagram
Tingkat engagement pengikut terhadapa influencer Instagram dapat diukur
efektifitasnya. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka sistem informasi dapat
dikembangkan untuk membantu menganalisis data influencer secara cepat, mudah
dan efektif sehingga mempermudah stakeholder dalam mengelola dan mengambil
keputusan untuk kebutuhan pemasaran produk di media sosial. Dalam penelitian
ini studi kasus dilakukan terlebih dahulu dengan mengumpulkan data histori dari
lini masa akun Instagram seorang influencer untuk menghasilkan model yang
akan digunakan dalam sistem informasi yang akan dikembangkan. Pengumpulan
data dilakukan dengan mengunjungi langsung halaman profil influencer di media
sosial Instagram yang secara publik dapat diakses dengam sistem informasi
berbasis web ini dapat mengakses data-data yang tersedia secara publik tersebut
menjadi informasi yang dibutuhkan untuk pengukuran efektifitas engagement
dengan menambahkan jumlah like dan comment dari beberapa posting dan
membaginya dengan jumlah follower. Kesimpulan pada pengembangan sistem
informasi pengukuran tingkat engagement ini bahwa Influencer yang memiliki
tingkat engagement yang efektif dapat diketahui dengan mudah.
Kata kunci: influencer, engagement, marketing influencer, engagement rate,
sistem informasi engagement, instagram. |
id |
IOS5909.57174 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2020-09-26T12:34:00Z |
last_indexed |
2020-09-26T12:34:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685794944407568384 |
score |
17.538404 |