ANALISA & PERANCANGAN E-BOOKING (PEMINJAMAN RUANGAN, AUDITORIUM & KENDARAAN DINAS) BERBASIS WEB PADA KANTOR KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Main Author: PRISTANTI, YUNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/56886/1/0.%20Cover.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/2/1.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/3/2.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/4/3.%20Lembar%20Pernyataan%20Orisinalitas.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/5/4.%20Surat%20Pernyataan%20Persetujuan%20Publikasi%20Tugas%20Akhir.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/6/5%20.Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/7/6.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/8/7.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/9/8.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/10/9.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/11/10.%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/12/11.%20Bab%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/13/12.%20Bab%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/14/13.%20Bab%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/15/14.%20Bab%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/16/15.%20Bab%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/17/16.%20Bab%20VI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/18/17.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/19/18.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56886/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kementerian Kesehatan terdiri 8 unit eselon I, dimana setiap unit eselon I tersebut terdiri dari beberapa pusat dan bagian rutin melakukan rapat untuk membahas kegiatan Kementerian Kesehatan.Kementerian Kesehatan juga memiliki 2 Auditorium yang dapat dipergunakan untuk acara seminar / pernikahan pada hari sabtu dan minggu. Proses untuk peminjaman ruangan, auditorium dan kendaraan dinas yang ada saat ini masih menggunakan cara manual. Hal ini mengakibatkan proses peminjaman ruangan memakan waktu yang cukup lama dan dirasa kurang efisien. Pada penelitian ini akan dibangun suatu perancangan system informasi e-booking yang didalam nya terdiri dari peminjaman ruangan rapat, auditorium dan peminjaman kendaraan dinas berbasis web, penelitian ini dilakukan pada Kantor Kementerian Kesehatan.Analisa dan perancangan dalam membangun system ini terbagi atas, Flow Chart, Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram dan perancangan antarmuka (user interface). Aplikasi ini dirancang untuk menfasilitasi penginformasian jadwal penggunaan ruang rapat, kendaraan dinas dan auditorium, melakukan reservasi untuk mempermudah user dalam meminjam ruangan, auditorium dan kendaraan dinas, melakukan pengesahan peminjaman ruang rapat, auditorium dan kendaraan dinas, memiliki fasilitas untuk memberikan saran dan pengaduan ruang rapat, auditorium dan kendaraan dinas dan laporan kegiatan peminjaman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermudah user dalam proses peminjaman ruangan, auditorium dan kendaraan dinas. Kata kunci: Kementerian Kesehatan, e-booking, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram ABSTRACT The Ministry of Health consists of 8 echelon I units, where each echelon I unit consists of several centers and the routine part is to hold meetings to discuss the activities of the Ministry of Health. The Ministry of Health also has 2 Auditoriums that can be used for seminars / weddings on Saturdays and Sundays. The process for borrowing rooms, auditoriums and official vehicles that is currently still using the manual method. This resulted in the process of borrowing a room that took a long time and was felt to be less efficient. In this research an e- booking information system design will be built which consists of meeting room lending, auditorium and web-based official vehicle lending, this research was conducted at the Ministry of Health Office. Analysis and design in building this system is divided into, Flow Chart, Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram and interface design (user interface). This application is designed to facilitate the information on the use of meeting rooms, official vehicles and auditorium schedules, make reservations to facilitate users in borrowing rooms, auditoriums and official vehicles, approve loans for meeting rooms, auditoriums and official vehicles, have facilities to provide advice and complaints on meeting rooms , auditoriums and official vehicles and loan activity reports. The results of this study are expected to facilitate users in the process of borrowing rooms, auditoriums and official vehicles. Keywords: Kementerian Kesehatan, e-booking, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram