ANALISA PERANCANGAN APLIKASI DUPAK JABATAN FUNGSIONAL PRANATA KOMPUTER BERBASIS WEB PADA KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan RI (PUSDATIN KEMHAN) pada Subbagian Administrasi Jabatan Fungsional (Minjabfung) memiliki tugas dalam mengelola jabatan Pranata Komputer, Persandian, dan Arsiparis. Saat ini pada jabatan Fungsional Pranata Komputer lebih aktif dibandingkan dengan jabatan yang lain. Tim Penilai Minjabfung melakukan penilaian Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan PNS jabatan Fungsional Pranata Komputer agar dapat mencapai tujuan visi dan misi instansi Pemerintahan. Dalam penetapan angka kredit jabatan Fungsional Pranata Komputer yang dilakukan oleh Tim Penilai Administarsi Jabatan Fungsional masih belum memiliki sebuah sistem. Sehingga selama pengumpulan dokumen dan berkas yang dilakukan Pranata Komputer harus datang langsung terlebih dahulu ke Administrasi Jabatan Fungsional (Minjabfung) untuk mengajukan penilaian DUPAK. Akibatnya butuh waktu yang cukup lama datang ke Administrasi Jabatan Fungsional (Minjabfung). Oleh karena itu penulis mengambil judul Tugas Akhir “Analisa Perancangan Aplikasi DUPAK Jabatan Fungsional Pranata Komputer Berbasis Web”. Penulis menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall untuk perancangan aplikasi DUPAK. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar dapat membantu Pejabat Pranata Komputer dalam menginput kegiatan, pengumpulan dokumen dan juga membantu Tim Penilai dalam penetapan angka kredit. Kata kunci: Angka Kredit , DUPAK, PNS, Pranata Komputer ABSTRACT The Ministry of Defense of Indonesia Data and Information Center (PUSDATIN KEMHAN) in the Functional Administration Subdivision (Minjabfung) has the task of managing the positions of Pranata Komputer, Library and Archive Staff. At this time the Functional Office of Pranata Komputer Staff is more active compared to other positions. The Minjabfung Assessment Team conducts an assessment of the Credit Score Determination List (DUPAK) to improve the skills and knowledge of Civil Servants of the Functional Pranata Komputer Institution in order to achieve the vision and mission objectives of Government agencies. In determining the credit score of the Computer Staff Functional position conducted by the Appraisal Team, the Functional Position Administration still does not have a system. So during the collection of documents and files that are done by the Computer Institution must come directly to the Functional Administration (Minjabfung) to submit a DUPAK assessment. As a result, it took quite a long time to come to the Administration of Functional Position (Minjabfung). Therefore, the authors take the title of the Final Project "Analysis of DUPAK Application Design Functional Web-Based Computer Institution". The author uses the System Development Life Cycle (SDLC) method with the waterfall model for DUPAK application design. The expected outcome of this research is to be able to assist Pranata Komputer Institution Officials in inputting activities, collecting documents and also assisting the Assessment Team in determining a credit score. Key words: Credit Score, DUPAK, PNS, Pranata Komputer