Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia fashion saat ini sudah semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang pesat juga membuat berbagai perangkat kini terkoneksi dengan jaringan online. Aktivitas manusia pun kini berorientasi pada digitalisasi. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui strategi customer relations dalam mewujudkan ketangguhan bisnis di era industri 4.0. Penelitian ini berfokus pada teori customer relationship management untuk mengetahui apa saja hubungan antara customer dan pihak pelaku bisnis yang cocok digunakan untuk mewujudkan ketangguhan bisnis tersebut. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kualitatif. Menggunakan metode studi kasus dengan melakukan suatu pendekatan untuk mempelajari, menerangkan suatu kasus dalam konteksnya secara natural, tanpa adanya intervensi dari pihak luar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, strategi customer relations perusahaan tersebut dalam mempertahankan ketangguhan bisnisnya di era industri 4.0 adalah dengan selalu mengedepankan kualitas produk yang dimiliki. Meskipun kompetitor perusahaan tersebut adalah perusahaan-perusahaan besar namun perusahaan tersebut tetap dapat menyama ratakan standar kualitas mereka dengan perusahaan-perusahaan besar Kata kunci : Customer Relations, ketangguhan bisnis, industri retail Key word : Customer Relations, agility business, retail industry