PENGARUH BRAND AMBASSADOR IQBAAL RAMADHAN TERHADAP CITRA RUANGGURU (Survey pada siswa/I kelas XII SMAN 6 Tambun Selatan)

Main Author: RUSIADI, NOVITA ELMILIYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/56716/1/1.%20HALAMAN%20JUDUl.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/2/2.%20Lembar%20Persetujuan%20Skripsi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/3/3.%20lembar%20Tanda%20Lulus%20Sidang%20Skripsi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/4/4.%20lembar%20Pengesahan%20Perbaikan%20Skripsi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/5/5.lembar%20surat%20pernyataan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/6/6.Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/7/7.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/8/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/9/9.DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/10/10.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/11/11.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/12/12.%20BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/13/13.BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/14/14.%20BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/15/15.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/16/16.%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/17/17.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/18/18.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56716/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ruangguru merupakan start-up aplikasi yang bergerak di bidang pendidikan. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman. Sebagai perusahaan baru, Ruangguru ingin memperkenalkan diri sebagai aplikasi pendidikan nomor satu di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan Iqbaal Ramadhan sebagai Brand Ambassador guna membangun citra Ruangguru tersebut. Penulis menggunakan model VisCAP yang dikembangkan oleh Rossister dan Percy pada variabel ‘Brand Ambassador’ dalam penelitian ini. Model tersebut memiliki empat karakteristik utama dari Brand Ambassador yaitu Visibility, Credibility, Attraction, dan Power. Sedangkan pada variabel ‘citra’, penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Shirley. Di dalam teori tersebut terdapat empat elemen lengkap mengenai citra, yaitu Personality, Reputation, Value, dan Corporate Identity. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Ada pun teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah melalui survei. Data dari survei tersebut didapatkan dari kuesioner yang disebarkan kepada siswa-siswi kelas XII di SMAN 6 Tambun Selatan. Alasan penulis memilih untuk melakukan survei pada pihak tersebut adalah karena Ruangguru mengadakan kegiatan ‘School Visit’ bagi siswa-siswi kelas XII. Survei ini membantu perolehan data secara kuantitatif mengenai citra aplikasi Ruangguru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Iqbaal Ramadhan sebagai Brand Ambassador (X) terhadap citra Ruangguru (Y) dengan nilai korelasi sebesar 0,610. Angka tersebut termasuk sebagai indikator tingkat korelasi yang kuat. Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 46% dari 100%, sedangkan 54% sisanya dipengaruhi oleh sebab-sebab atau faktor lain di luar penelitian ini. Kata kunci : Brand ambassador, Citra, Ruangguru ABSTRACT Ruangguru is a start-up company which is engaged in education. This company was founded in 2014 by Belva Devara and Iman Usman. As a new comer, Ruangguru would like to introduce itself as the number one educational online platform in Indonesia. One way is to make Iqbaal Ramadhan as a Brand Ambassador to present its image. The author uses VisCAP model developed by Rossister and Percy on the ‘Brand Ambassador’ variable in this research. The model has four main characteristics of Brand Ambassador, namely Visibility, Credibility, Attraction, and Power. While on the ‘image’ variable, the author uses a theory proposed by Shirley. In this theory, there are four complete elements about image. They are Personality, Reputation, Value, and Corporate Identity. The research method used is an explanatory research method with a quantitative approach. There are also data collection techniques applied through a survey. Data from the survey was obtained from a questionnaire distributed to XIIth grade students at SMAN 6 Tambun Selatan. The reason the author chooses to conduct a survey on this parties is because Ruangguru held a ‘School Visit’ activity for XIIth grade students. This survey helps to obtain quantitative data regarding the image of Ruangguru. The results show that there is an influence between Iqbal Ramadhan as Brand Ambassador (X) on the image of Ruangguru (Y) with a correlation value of 0,610. This figure includes as an indicator of a strong correlation level. The coefficient of determination produced is 46% to 100%, while the remaining 54% is affected by causes or other factors out of this research. Keywords: Brand ambassador, Image, Ruangguru