PERANAN HUMAS PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK DALAM PENGELOLAAN DIGITAL PR UNTUK MENINGKATKAN CITRA (Studi Kasus: Media Sosial Instagram @bankbri_id Periode Agustus 2019)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menjelaskan mengenai Peranan Humas yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam mengelola Digital PR di media sosial Instagram untuk meningkatkan citra dengan periode Agustus 2019. Media sosial instagram saat ini menjadi salah satu media yang paling banyak diminati dan efektif sebagai pintu publikasi Humas PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Peneliti ini menggunakan acuan teori peranan humas yang dikemukakan oleh Dozier & Broom, bahwa ada 4 peranan Public Relations, yaitu sebagai penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator pemecahan masalah, dan teknisi komunikasi. Paradigma yang digunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan peneliti metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan internet searching. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan agensi digital untuk melakukan empat peranan public relation yaitu sebagai fasilitator komunikasi, sebagai fasilitator komunikasi pemecahan masalah, sebagai penasehat ahli, dan sebagai teknisi komunikasi dalam mengelola digital public relations @bankbri_id. Kata Kunci: Peranan Humas, Digital Public Relations, Instagram ABSTRACK Instagram is currently one of the most sought after and effective media as a door for the publication of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. This research was conducted with a view to explaining the role of Public Relations conducted by public relations of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk in managing Digital PR on social media Instagram to improve its image with the period August 2019. This researcher uses the theory of public relations role reference proposed by Dozier & Broom, that there are 4 roles of Public Relations, namely as expert prescriber, communication facilitators, problem solving process facilitators, and communication technician. The paradigm used is the post-positivism paradigm with a qualitative approach. The method used by researcher case study research methods. Data collection techniques used were interviews, observation, literature study and internet searching. The results of this study concluded that PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk is working with digital agencies to perform four public relations roles, namely as a communication facilitator, as a problem solving process communication facilitator, as an expert prescriber, and as a communication technician in managing digital @ public relations @ bankbri_id. Keyword: The Role of Public Relations, Digital Public Relations, Instagram