STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KESEHATAN DALAM MENGELOLA INFORMASI WEBSITE (sehatnegeriku.kemkes.go.id) UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN (Studi Kasus: Informasi Kesehatan Stunting di Indonesia Periode 2019)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dalam upaya menumbuhkan tingkat kesadaran kesehatan pada masyarakat akan kesehatan stunting, khususnya pada ibu. Kementerian kesehatan berpedoman pada UU. No. 14 Tahun 2008 dan Permenkes No. 2166/Menkes/Per/X/2011 tentang keterbukaan Informasi (KIP). Artinya, dalam hal menjadikan Humas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia harus mampu memiliki strategi dalam mengelola informasi yang di muat melalui situs website dengan baik untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Strategi Humas Kementerian Kesehatan Dalam Mengelola Informasi website sehatnegeriku.kemkes.go.id. Penelitian ini melihat strategi humas kementerian kesehatan berdasarkan pendekatan manajerial yang dikemukakan oleh Cutlip & Center (dalam Kasali dan Abdurachman), yaitu fact finding, planning, communicating dan evaluation. Selain itu, strategi tersebut dilihat berdasarkan karakteristik yang dinyatakan oleh George R. Terry, yang diantaranya adalah kepadatan informasi, luas informasi, frekuensi informasi, akses informasi, waktu informasi dan sumber informasi. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode Studi Kasus untuk menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” dalam penelitian. Kemudian, paradigma penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas kementerian kesehatan mengelola informasi stunting yaitu dengan membuat rilis berita terlebih dahulu mengenai stunting semasif mungkin melalui website sehatnegriku.kemkes.go.id. Kemudian, informasi terkait stunting tersebut dihubungkan ke media pers dan media sosial. Setelah itu, barulah media pers membagikan informasi terkait stunting ke masyarakat melalui medianya. Kata Kunci: Strategi Public Relations, Strategi Humas Pemerintah, Informasi Publik, Kesadaran Masyarakat