PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA TAHUN 2019 (Survey pada Siswa/i SMA Islam PB. Soedirman Cijantung Jakarta Timur)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Komunikasi merupakan suatu kebutuhan utama manusia untuk dapat berinteraksi dan bertukar informasi dengan sesama. Untuk itu manusia harus bisa berkomunikasi dengan baik agar pesan yang disampaikan dan informasi yang didapatkan dapat disampaikan dan diterima dengan baik. Komunikasi interpersonal salah satunya hal yang harus dilakukan oleh manusia sebagai makhluk social, termasuk oleh guru dan murid. Seorang guru harus mampu melakukan komunikasi interpersonal yang baik kepada siswa/i nya agar dapat memberikan dampak yang positif untuk muridnya, seperti dapat meningkatkan motivasi belajar siswanya. Teori Stimulus Organisme Response (S-O-R) menjelaskan bahwa organism menghasilkan perilaku tertentu jika ada kondisi stimulus tertentu pula. Efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus sehingga seseorang dapat mengahrapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi dari komunikan tersebut. Stimulus artinya rangsangan atau dorongan, Organisme=manusia= komunikan, Respon=reaksi=dampak/pengaruh. Untuk mengetahui dorongan terhadap tanggapan yang dibutuhkan peneliti. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu penelitian survey pada siswa/i SMA Islam PB. Soedirman Cijantung Jakarta Timur. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar sebesar 0,644 atau 64,4%, dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain diluar dari komunikasi interpersonal. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Kuantitatif ABSTRACT Communication is a major human need to be able to interact and exchange information with others. For this reason humans must be able to communicate well so that the message is conveyed and the information obtained can be conveyed and received well. Interpersonal communication is one of the things that must be done by humans as social creatures, including by teachers and students. A teacher must be able to make good interpersonal communication to students in order to have a positive impact on their students, such as being able to increase student motivation. Organism Response Stimulus Theory (S-O-R) explains that organisms produce certain behaviors if there are certain stimulus conditions. The effect is a special reaction to a special stimulus so that one can expect and estimate the correspondence between the message and the reaction of the communicant. Stimulus means stimulation or encouragement, Organism = human = communicant, Response = reaction = impact / influence. To find out the impetus for the response needed by researchers. This type of research used in this research is descriptive with a quantitative approach. The method used is survey research on students of PB Islamic High School. Soedirman Cijantung East Jakarta. Where researchers collect data primarily by distributing questionnaires to respondents as many as 100 using random sampling techniques. Based on the results of the study showed that the teacher's interpersonal communication contributed to learning motivation of 0.644 or 64.4%, and the rest was influenced by other variables outside of interpersonal communication. Keywords: Interpersonal Communication, Learning Motivation, Quantitative