STRATEGI KOMUNIKASI PT. KERETA COMMUTER INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKAN KEPUASAN PELANGGAN DI ERA INDUSTRI 4.0 TAHUN 2019
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari strategi humas PT Kereta Commuter Indonesia dalam meningkatkan pelayanan akan kepuasan pelanggan di era industri 4.0. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah sebagai salah satu transportasi umum yang kerap digunakan masyarakat sebagai opsi lain untuk menghindari kemacetan, PT KCI terus mengeksplorasi strategi komunikasi yang dinilai sesuai dengan karakterisitik pelanggan kereta commuter line ini. PT KCI kerap mengembangkan cara agar dapat membantu pemerintah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dalam upayanya untuk memberikan pelayanan terbaik, tentunya dibutuhkan strategi komunikasi. Tipe penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif – kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dengan key informan dan narasumber. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi non-partisipan guna mendukung data penelitian. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasilnya PT KCI tidak hanya menjadikan publik eksternal sebagai khalayak sasaran, melaikan juga menjadikan publik internal sebagai khalayak sasaran. Metode yang digunakan adalah informatif dan edukatif. Media yang paling maksimal dalam dimanfaatkan adalah media sosial dan aplikasi resmi, karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang mengharapkan kecepatan informasi. PT KCI juga merupakan perusahaan yang mendukung penerapan industry 4.0 di Indonesia dengan menghadirkan fasilitas yang didukung dengan teknologi di stasiun maupun di gerbong kereta. Kata kunci: Strategi komunikasi, pelayanan, kepuasan pelanggan, era industry 4.0 ABSTRACT This study was aimed to determine the results of the public relations strategy of PT Kereta Commuter Indonesia in improving service to customer satisfaction in the industrial era 4.0. As for the background in this research is as one of the public transportation that is often used by the community as another option to avoid congestion, PT KCI continues to explore communication strategies that are considered in accordance with the characteristics of this commuter line train customer. PT KCI often develops ways to help the government and provide the best service to the community. In their efforts to provide the best service, of course communication strategies are needed. This type of research uses descriptive - qualitative research, the research method used is a case study. The data collection techniques are in-depth interviews with key informants and informants. In addition, researchers also conducted nonparticipant observation to support research data. Based on the data analysis conducted, the results of PT KCI not only made the external public a target audience, but also made the internal public a target audience. The method used is informative and educative. The most maximally utilized media are social media and official applications, because they are considered capable of meeting the needs of customers who expect speed of information. PT KCI is also a company that supports the application of Industry 4.0 in Indonesia by presenting technology-supported facilities at the station and in the train cars. Keywords: Communication strategy, service, customer satisfaction, industry era 4.0