STRATEGI PUBLIC RELATIONS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (KEMENDIKBUD) DALAM PENGELOLAAN WEBSITE www.kemdikbud.go.id UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI PUBLIK KEPADA CIVITAS AKADEMIKA SEKOLAH TAHUN 2019

Main Author: DEWI, LINDA SARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/56528/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/2/2.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/3/3.%20Lembar%20Pernyataan%20Mahasiswa.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/4/4.%20Lembar%20Persetujuan%2C%20Tanda%20Lulus%20Sidang%2C%20Pengesahan%20Perbaikan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/9/9.%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/10/10.%20Bab%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/11/11.%20Bab%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/12/12.%20Bab%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/13/13.%20Bab%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/14/14.%20Bab%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/15/15.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/16/16.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/56528/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dalam tata kelola (good governance) harus selalu mengedepankan kepentingan para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat didalamnya, termasuk yang dilakukan oleh pemerintah sebuah sebagai institusi publik yang melayani kepentingan masyarakat. Tata kelola juga tidak lepas dari pemerataan, persamaan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas informasi yang disampaikan oleh pemerintah kepada seluruh pemangku kepentingan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam sistem pengelolaan pemerintah diterapkan melalui e-government dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintah yang baik, salah satu bentuknya dengan penggunaan website Kementerian. Melalui website www.kemdikbud.go.id yang dikelola oleh Hubungan Masyarakat, menjadi ujung tombak Kemendikbud dalam menyebarkan informasi publik. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi data dan wawancara mendalam narasumber Kepala Subbagian Layanan Informasi Bagian Informasi dan Pranata Humas Pertama Kemendikbud. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa, Kemendikbud menerapkan lima strategi dalam pengelolaan website yaitu, strategi membangun citra positif Lembaga, strategi publikasi layanan kementerian, strategi pemantauan performa website secara berkala, strategi manajemen krisis dan strategi membangun engagement. Kata kunci : Strategi Public Relation, Website, Kemendikbud, Informasi Publik ABSTRACT In governance (good governance) should always put the interests of the stakeholders (stakeholders) are involved, including those conducted by a government as a public institution that serves the public interest. Governance is also not out of equity, equality, efficiency, transparency, and accountability of the information submitted by the government to all stakeholders. Utilization of information and communication technology (ICT) in local government management system implemented through the e-government in order to create good governance, one of its forms with the use of ministry website. Through the website www.kemdikbud.go.id managed by public relations, spearheading the ministry in disseminating public information. The type of research is qualitative research and the method is descriptivequalitative with data collection techniques using data observations and In-Depth Interview Head of Information Services Subdivision and First Public Relations Institution of Ministry of Education and Culture Based on the result of the study showed that, The Ministry of Education and Culture applies five strategies in managing websites, which are the strategy of building a positive image of the Institution, the ministry service publication strategy, the website performance monitoring strategy on a regular basis, the crisis management strategy and the strategy of building engagement. Keywords : Public Relations Strategy, Website, The Ministry of Education and Culture, Public Information