Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kendaraan listrik merupakan salah satu solusi yang menjawab krisis energi pada zaman sekarang. Dalam perancangan kendaraan listrik yang terpenting adalah pemilihan motor yang digunakan, sehingga nantinya kinerja dari kendaraan listrik akan sama seperti kinerja dari kendaraan bertenaga bensin. Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan rasio Final Drive sehingga didapatkan kinerja yang terbaik dari Mobil listrik Pro-soe. Tahap pertama dalam pengerjaan studi ini dimulai dengan perhitungan dari gaya hambat kendaraan, beban serta kecepatan yang dibutuhkan sesuai ketentuan perlombaan sehingga kemudian didapatkan spesifikasi motor yang sesuai berdasarkan gaya hambat yang terjadi pada kendaraan. Perhitungan yang kedua adalah mengenai rasio gear dari kendaraan, setelah dilakukan perhitungan rasio gear maka dilakukan Perhitungan Torsi pada motor DC dan Torsi setelah reduksi Final gear. Sehingga didapatkan hasil analisa dari karakteristik traksi dan karakteristik power kendaraan. sehingga memudahkan dalam menentukan jenis motor, kapasitas motor, jumlah rasio dan torsi yang akan dihasilkan berdasar pada regulasi waktu dan jarak tempuh kontes mobil hemat energi, sehingga akan didapat nilai efisiensi terbaik dari kerja motor dan pemindah daya atau Final Gear. Dengan Menghitung kecepatan Motor, Torsi Motor, Daya Motor, beban total mobil, serta Waktu dan Panjang lintasan, diharapkan mobil mampu menyelesaikan balapan sesuai dengan perhitungan dan konsumsi baterai yang efisien sehingga didapat jarak efisien yang jauh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengkaji kinerja torsi motor DC terhadap sistem Final Drive Mobil Listrik Pro-Soe KMHE 2016 kategori mobil masa depan dengan konsep 3 roda penggerak. memodifikasi rancangan sistem tersebut agar diketahui di ratio berapa mobil bisa mendapatkan torsi besar dan mampu bergerak dengan motor DC yang digunakan. Kemudian melakukan analisa kebutuhan daya,torsi dan kecepatan yang diperlukan serta kemampuan torsi dan kecepatan yang mampu dihasilkan sistem final drive pada mobil Prototype listrik Pro-soe ini. Katakunci: Final Gear, Torsi, Ratio dan Kecepatan. ABSTRACT Electric vehicles are one solution that responds to the current energy crisis. In designing an electric vehicle the most important thing is the selection of the motor used, so that later the performance of the electric vehicle will be the same as the performance of a gasoline powered vehicle. In this research, Final Drive ratio calculation will be performed so that the best performance is obtained from the Pro-soe electric car. The first stage in the work of this study begins with the calculation of the vehicle drag, load and speed required in accordance with the provisions of the race so that later obtained the appropriate motor specifications based on the drag that occurs on the vehicle. The second calculation is about the gear ratio of the vehicle, after calculating the gear ratio the Torque Calculation is performed on the DC motor and Torque after the Final gear reduction. So that the analysis results obtained from the characteristics of traction and power characteristics of the vehicle. making it easier to determine the type of motor, motor capacity, the number of ratios and torque that will be generated based on the time and mileage regulation of energy-efficient car contests, so that the best efficiency values from motor work and power transfer or Final Gear will be obtained. By calculating Motor speed, Motor Torque, Motor Power, total car load, and Time and Length of the track, it is expected that the car is able to complete the race in accordance with the calculation and efficient battery consumption so as to obtain a long distance efficient. This research aims to design and study the torque performance of DC motors for the KMHE Pro-Soe Electric Car Final Drive system in the future category of cars with a 3 wheel drive concept. modify the system design so that it is known in what ratio the car can get large torque and be able to move with the DC motor used. Then analyze the power requirements, torque and speed required and the ability of torque and speed that can be produced by the final drive system on this Pro-soe electric Prototype car. Keywords: Final Gear, Torque, Ratio and Speed.