ANALISIS SISTEM KEMUDI SECARA ERGONOMICS PADA MOBIL LISTRIK PROSOE KMHE 2019
Daftar Isi:
- ABSTRAK Abstrak - Ergonomis berasal dari kata ergonomi yang berarti ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu pertimbangan dalam sebuah usaha dalam mendesain sebuah benda lingkungan buatan ataupun fasilitas yang ada dan manusia adalah yang menjadi acuannya Dengan begitu ergonomis mobil bisa dikatakan sebuah usaha yang dilakukan oleh desainer manufaktur sebuah mobil agar nyaman ketika digunakan oleh manusia itu sendiri. Sebuah mobil atau kendaraan roda empat lain dimana desain yang ergonomis adalah desain yang bisa membuat pengemudi maupun penumpang mobil akan merasa nyaman dan juga aman menggunakan mobil tersebut selama perjalanan. Penelitian ini menjelaskan tentang kenyamanan sudut sistem kemudi dengan melakukan pengukuran antopometri kondisi tubuh pengemudi didapatkan daerah atau area kritikal dalam perancangan ergonomi secara berurutan yaitu daerah kepala, leher tulang belakang, bahu, pinggul, terakhir area kaki dan tangan. Pengelompokan aspek kritikal ini menghasilkan tentang ergonomi sistem kemudi maka dalam penelitian ini dalam mendesain ergonomi kemudi untuk mobil listrik PROSOE KMHE 2019 didapatkan tingkat kenyamanan yang maksimal untuk pengemudi dengan tinggi rata rata orang 164 mm didapatkan yaitu sudut sandaran kemudi 50o , sudut sendi lutut 120o , sudut sendi pedal 85o , sudut engsel tangan 115o didasarkan kepada pemilihan pengemudi mobil listrik PROSOE KMHE 2019. Kata kunci : Ergonomi, Sistem Kemudi, KMHE 2019 ABSTRACT Ergonomics comes from the word ergonomics, which means that the study of all things considered in an effort to design an artificial environment or existing facilities and humans is the reference so ergonomic car can be said to be an effort made by a car manufacturing designer to be comfortable when used by humans themselves. A car or other four-wheeled vehicle where ergonomic design is a design that can make the driver and passenger of the car feel comfortable and also safe to use the car during the trip. This study explains the comfort of the steering system angle by taking antopometric measurements of the driver's body condition which are found in critical areas or areas in ergonomic design sequentially, namely the head, neck, spine, shoulder, hip, finally leg and hand area. This critical grouping results in the steering system ergonomics. In this study, designing the ergonomics of the steering wheel for the PROSOE KMHE 2019 electric car has the maximum comfort level for the driver with an average height of 164 mm, which is 50o, 120o, angle 85o pedal joint, 115o hand hinge angle is based on the selection of the PROSOE KMHE 2019 electric car driver. Keywords: Ergonomics, Steering System, KMHE 2019