TUGAS AKHIR ANALISIS LALU LINTAS AKIBAT PENGARUH PERILAKU PEJALAN KAKI DENGAN MENGGUNAKAN MKJI 1997 (Studi Kasus Jalan Margonda Raya Depok)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Analisis Lalu Lintas Akibat Pengaruh Perilaku Pejalan Kaki Dengan Menggunakan MKJI 1997 (Studi Kasus Jalan Margonda Raya Depok), Muhammad Idham Pane, 41117320044, Dr Andri Irfan Rifai ST.,MT, 2019 Kawasan Margonda sebagai bagian dari system megapolitan Jabodetabek umumnya dijumpai cukup banyak permasalahan meliputi pernasalahan disekitar termasuk kemacetan yang timbul. Salah satu penyebab terjadinya kemacetan yaitu adalah pejalan kaki. Oleh karena itu di dalam manajemen lalu lintas berusaha memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor tanpa menimbulkan ganggguan-gangguan yang besar terhadap aksesbilitas. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pejalan kaki terhadap kinerja jalan pada Jalan Margonda Raya. Penelitian ini menggunakan prosedur ruas jalan perkotaan yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Penelitian dilakukan selama tiga hari dalam 3 sesi waktu pagi,siang dan sore. Data yang diambil yaitu volume lalu lintas, hambatan samping. Perhitungan yang dilakukan adalah menghitung kapasitas jalan, kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. Jumlah pejalan kaki terbanyak yaitu pada hari Rabu 1 Mei 2019 jam 15.00-16.00 pada segmen 1 yaitu sebanyak 933 orang, sedangan jumlah tersedikitnya yaitu pada hari Berdasarkan perhitungan Kapasitas Jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) untuk menganalisis apakah pejalan kaki berpengaruh besar pada kinerja jalan Margonda Raya. Pejalan kaki tidak berpengaruh pada kinerja jalan Margonda Raya karena meskipun jumlah pejalan kaki dikurangi hingga menjadi 0, tingkat pelayanan jalan masih sama dengan pejalan kaki dengan frekuensi yang tinggi. Sebagai contoh pada hari Selasa 30 April 2019 arah Jakarta-Depok jam 16.00-17.00 segmen 1 jumlah pejalan kaki sebesar 756 orang memiliki tingkat pelayanan jalan D, sedangkan jika pejalan kaki diubah menjadi 0 maka tingkat pelayanan jalannya tetap D. Kata Kunci : Pejalan kaki, Jalan, Kemacetan,Kapasitas Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan ABSTRACT Analisis Lalu Lintas Akibat Pengaruh Perilaku Pejalan Kaki Dengan Menggunakan MKJI 1997 (Studi Kasus Jalan Margonda Raya Depok), Muhammad Idham Pane, 41117320044, Dr Andri Irfan Rifai ST.,MT, 2019 Margonda Street as part of Jabodetabek Megalopolitan system generally found quite a lot of problems, including congestion tha arising. One of the causes of congestion is pedeatrian. Neverthless, traffic management seeks to separate pedestrians from vehicles without causing substansial disruption.This study aims to determine the influence of pedestrians on road performance on Margonda Raya Street This research use Urban road procedures referring to Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Research conducted in three days in three sessions (morning, noon, and evening) capacity, side factor. Calculation in this study including Capacity,free flow speed, degree of saturation, and level of service. The largest number of pedestrian is on Wednesday, 1st May 2019 at 3-4 pm with 933 pedestrians, while the smallest number of pedestrian is on. Pedestrian have no effect on road performance because even the number of pedestrians reduced to 0, the Level of Service is still same as pedestrians with high frequencies. For examples on Tuesday 30th April 2019 From Jakarta-Depok at 4-5 pm segmen 1 number of pedestrians was 756 and the Level of Service was D, and if pedestrian number reduced to 0 the Level of Service still at D. Likewise, with the rest of the sessions remained unchanged. Keywords : Pedestrians, Road, Congestion, Road capacity, Level of Service