PENGARUH PROFITABILITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP STRUKTUR MODAL DAN DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013 - 2017)
Daftar Isi:
- This study aims to analyze the effect of profitability and growth opportunity on capital structure and its impact on firm value. This study took the Manufacturing Company of the Consumer Goods Industry Sub Sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) as the subject of research in the period 2013 - 2017. The samples were determined by purposive sampling technique, which resulted in 21 companies that met as research samples. Data analysis was done with path analysis with the help of the SPSS program. The results showed that profitability had a negative and significant effect on the capital structure, but growth opportunity did not have a significant effect on the capital structure of Consumer Goods Industry companies from 2013-2017. This study also proves that profitability, growth opportunity and capital structure partially have a positive and significant influence on the value of consumer goods industry companies from 2013-2017. Keywords: profitability, growth opportunity, capital structure, company value. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan growth opportunity terhadap struktur modal serta dampaknya pada nilai perusahaan. Penelitian ini mengambil Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai subjek penelitian dalam Periode 2013 - 2017. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, yang mana dihasilkan 21 perusahaan yang memenuhi sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan path analysis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal, namun growth opportunity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal perusahaan Industri Barang Konsumsi dari tahun 2013-2017. Penelitian ini juga membuktikan bahwa profitabilitas, growth opportunitydan struktur modal secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan Industri Barang Konsumsi dari tahun 2013-2017. Kata Kunci : profitabilitas, growth opportunity, struktur modal, nilai perusahaan.