EVALUASI GEOMETRI JALAN REL DAN PENGARUH PADA EMPLASEMEN (Studi Kasus Jalur Baru di Stasiun Manggarai)
ctrlnum |
55890 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/</relation><title>EVALUASI GEOMETRI JALAN REL DAN PENGARUH PADA EMPLASEMEN (Studi Kasus : Jalur Baru di Stasiun Manggarai)</title><creator>WAHYUNI, INDAH DWI</creator><subject>388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya</subject><subject>388.1 Roads/Jalan</subject><subject>625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api</subject><subject>625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya</subject><subject>625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan</subject><description>Manggarai Station is one of the type A large class train stations located in Manggarai,
Tebet, South Jakarta. This station is the largest railway station in DKI Jakarta. The
purpose of this study is to evaluate the design of calculation of horizontal curvature
alignment, calculation of vertical arc alignment, and calculation of passenger volume
adjusted to the current station capacity.
Geometric calculations of railways refer to Permenhub No. 60 of 2012. Meanwhile to
find out the available land area obtained from the design of the layout, the platform
capacity refers to Ministerial Regulation No. 29 of 2011. The methodology used is
secondary data collection, problem identification, literature study and data analysis.
The results of the study indicate that for horizontal calculations it depends on the
determination of the arch radius (R) and the limitation of the speed of fire (V) in the
initial planning. This is done to overcome the influence of the centrifugal force that
occurs on the rail. Vertical curvilinear calculation, planned speed is less than 100 km /
hour so that the vertical curved radius is 6000 meters. And from the availability of land
at the Manggarai Station emplacement it can be adjusted to the main activities currently
available and for the type of rail used is R54 with a width of 1067 with the type of
prestressed concrete bearing that is in accordance with the requirements of Minister of
Transportation Regulation No. 60 of 2012 and Ministerial Regulation No.29 of 2011
Keywords: Transportation, Geometry, Rail Road, Emission, Land

Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun kereta api kelas besar tipe A yang
terletak di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api
terbesar yang ada di DKI Jakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mengevaluasi desain
perhitungan alinyemen lengkung horizontal, perhitungan alinyemen lengkung vertikal,
dan perhitungan volume penumpang yang disesuaikan dengan kapasitas stasiun yang
ada saat ini.
Perhitungan geometrik jalan rel merujuk pada Permenhub No. 60 Tahun 2012.
Sedangkan untuk mengetahui luas lahan yang tersedia didapat dari desain gambar layout
kapasitas peron merujuk pada Peraturan Menteri No. 29 Tahun 2011. Metodologi yang
digunakan adalah pengumpulan data-data sekunder, identifikasi masalah, studi literatur
dan analisa data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk perhitungan horizontal bergantung pada
penentuan jari-jari lengkung (R) dan pembatasan kecepatan api (V) dalam perencanaan
awal. Hal ini dilakukan untuk mengatasi pengaruh gaya sentrifugal yang terjadi pada
rel. Perhitungan lengkung vertikal, kecepatan yang direncanakan kurang dari 100
km/jam sehingga jari – jari lengkung vertikal sebesar 6000 meter. Dan dari ketersediaan
lahan pada emplasemen Stasiun Manggarai bisa disesuaikan dengan kegiatan pokok
yang ada pada saat ini dan untuk tipe rel yang digunakan yaitu R54 dengan lebar 1067
dengan jenis bantalan beton pratekan yang sudah sesuai dengan persyaratan Peraturan
Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri No.29 Tahun 2011.
Kata Kunci : Trasnportasi,Geometrik,Jalan Rel,Emplasemen,Lahan</description><date>2020-06-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/9/9.%20Daftar%20Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/10/10.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/11/11.%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/12/12.%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/13/13.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/14/14.%20Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/15/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55890/16/17.%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> WAHYUNI, INDAH DWI (2020) EVALUASI GEOMETRI JALAN REL DAN PENGARUH PADA EMPLASEMEN (Studi Kasus : Jalur Baru di Stasiun Manggarai). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>55890</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WAHYUNI, INDAH DWI |
title |
EVALUASI GEOMETRI JALAN REL DAN PENGARUH PADA EMPLASEMEN (Studi Kasus : Jalur Baru di Stasiun Manggarai) |
title_sub |
Jalur Baru di Stasiun Manggarai) |
publishDate |
2020 |
topic |
388 Ground Transportation Transportasi Jalan Raya 388.1 Roads Jalan 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api Teknik Rel Kereta Api 625.7 Road Engineering Teknik Jalan Raya 625.8 Artificial Road Surfaces Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/55890/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/2/2.%20Abstrak.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/9/9.%20Daftar%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/10/10.%20Bab%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/11/11.%20Bab%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/12/12.%20Bab%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/13/13.%20Bab%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/14/14.%20Bab%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/15/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/16/17.%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55890/ |
contents |
Manggarai Station is one of the type A large class train stations located in Manggarai,
Tebet, South Jakarta. This station is the largest railway station in DKI Jakarta. The
purpose of this study is to evaluate the design of calculation of horizontal curvature
alignment, calculation of vertical arc alignment, and calculation of passenger volume
adjusted to the current station capacity.
Geometric calculations of railways refer to Permenhub No. 60 of 2012. Meanwhile to
find out the available land area obtained from the design of the layout, the platform
capacity refers to Ministerial Regulation No. 29 of 2011. The methodology used is
secondary data collection, problem identification, literature study and data analysis.
The results of the study indicate that for horizontal calculations it depends on the
determination of the arch radius (R) and the limitation of the speed of fire (V) in the
initial planning. This is done to overcome the influence of the centrifugal force that
occurs on the rail. Vertical curvilinear calculation, planned speed is less than 100 km /
hour so that the vertical curved radius is 6000 meters. And from the availability of land
at the Manggarai Station emplacement it can be adjusted to the main activities currently
available and for the type of rail used is R54 with a width of 1067 with the type of
prestressed concrete bearing that is in accordance with the requirements of Minister of
Transportation Regulation No. 60 of 2012 and Ministerial Regulation No.29 of 2011
Keywords: Transportation, Geometry, Rail Road, Emission, Land
Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun kereta api kelas besar tipe A yang
terletak di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api
terbesar yang ada di DKI Jakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mengevaluasi desain
perhitungan alinyemen lengkung horizontal, perhitungan alinyemen lengkung vertikal,
dan perhitungan volume penumpang yang disesuaikan dengan kapasitas stasiun yang
ada saat ini.
Perhitungan geometrik jalan rel merujuk pada Permenhub No. 60 Tahun 2012.
Sedangkan untuk mengetahui luas lahan yang tersedia didapat dari desain gambar layout
kapasitas peron merujuk pada Peraturan Menteri No. 29 Tahun 2011. Metodologi yang
digunakan adalah pengumpulan data-data sekunder, identifikasi masalah, studi literatur
dan analisa data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk perhitungan horizontal bergantung pada
penentuan jari-jari lengkung (R) dan pembatasan kecepatan api (V) dalam perencanaan
awal. Hal ini dilakukan untuk mengatasi pengaruh gaya sentrifugal yang terjadi pada
rel. Perhitungan lengkung vertikal, kecepatan yang direncanakan kurang dari 100
km/jam sehingga jari – jari lengkung vertikal sebesar 6000 meter. Dan dari ketersediaan
lahan pada emplasemen Stasiun Manggarai bisa disesuaikan dengan kegiatan pokok
yang ada pada saat ini dan untuk tipe rel yang digunakan yaitu R54 dengan lebar 1067
dengan jenis bantalan beton pratekan yang sudah sesuai dengan persyaratan Peraturan
Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri No.29 Tahun 2011.
Kata Kunci : Trasnportasi,Geometrik,Jalan Rel,Emplasemen,Lahan |
id |
IOS5909.55890 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2020-06-16T14:17:36Z |
last_indexed |
2020-06-16T14:17:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685794935972823040 |
score |
17.538404 |