ANALISIS TINGKAT KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM KERETA REL LISTRIK DITINJAU DARI SUDUT OPERASIONAL DAN KEPUASAN PENUMPANG (Studi kasus commuter line rute Jakarta Kota - Bogor)
ctrlnum |
55877 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/</relation><title>ANALISIS TINGKAT KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN
UMUM KERETA REL LISTRIK DITINJAU DARI SUDUT
OPERASIONAL DAN KEPUASAN PENUMPANG
(Studi kasus commuter line rute Jakarta Kota - Bogor)</title><creator>PURBA, KRISTANTI APRIWANDA</creator><subject>268.7 Services/Pelayanan</subject><subject>620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan</subject><subject>625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api</subject><subject>657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional</subject><description>The high population density and also the high price of land in Jakarta causing Jakarta
in a needs of a supporting area in its economic activities. Population mobility is in
desperate need of efficient and effective transportation services. At this time many
modes of transportation are competing to improve the quality of service, therefore
railway transportation services also need to improve the quality of service. Observing
the existing problem it is necessary to analyze the passenger satisfaction of KRL
services in order to obtain parameters that can be used in improving the quality of KRL
services.
The required data of the passenger satisfaction analysis process is primary data which
is survey results from some railway passengers with the method of providing
questionnaires. In addition it is also need the secondary data as supporting data for
data processing. This passenger satisfaction analysis procedure is use SPSS software
for performing the Statistics Test.
The result of the analysis, the validity test is carried out with bivariate correlation
method to measure the validity of data with significance value of 5% and R table
obtained for 0.195 obtained 100% validation result (all data are valid), then test of
realibitas to measure the consistency level of respondents in filling the questionnaire
with R table of 0.195 and R count obtained from SPSS program got result that
questionnaire have high level of consistency. Then, based on the Cartesian diagram is
formed and tested the hypothesis with the chi-square test (X2
) is obtained the factors
that is or not influence the service on passenger satisfaction. Then the technical test of
the passenger comfort with the result is fulfill the comfort level that indicated, and the
travel time of the train that became the improvement factor.
Keywords : Analysis of Satisfaction, Service of KRL, KAI Commuter Line, KRL route
Jakarta Kota – Bogor, SPSS, Validity

Tingginya kepadatan penduduk dan mahalnya nilai lahan di Jakarta maka kota Jakarta
membutuhkan wilayah penyangga dalam kegiatan perekonomiannya. Mobilitas
penduduk sangat membutuhkan pelayanan jasa trasnportasi yang efisien dan efektif.
Namun pada saat ini banyak moda transportasi yang sedang berlomba lomba
meningkatkan kualitas pelayanannya, maka oleh sebab itu pelayanan jasa trasportasi
kereta api juga perlu melakukan peningkatan dalam kualitas pelayanannya. Melihat
permasalahan yang ada maka perlu adanya analisis kepuasan penumpang terhadap
pelayanan KRL agar didapat parameter – parameter yang dapat digunakan dalam
meningkatkan kualitas pelayanan KRL.
Data data yang diperlukan dalam proses analisis kepuasan penumpang ini adalah data
primer yang berupa hasil survey kepada beberapa penumpang Kereta Rel Listrik dengan
metode pemberian kuesioner. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data
pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis kepuasan penumpang ini
menggunakan perangkat lunak SPSS dalam melakukan Uji Statistik.
Hasil analisa dilakukan pengujian validitas dengan metode korelasi bivariat untuk
mengukur sah atau tidaknya data dengan nilai signifikansi sebesar 5% dan R tabel
didapat sebesar 0.195 didapatkan hasil validasi 100% (semua data valid), kemudian
pengujian realibitas untuk mengukur tingkat konsistensi responden dalam mengisi
angket dengan R tabel sebesar 0.195 dan R hitungan yang didapat dari program SPSS
mendapatkan hasil bahwa angket memiliki tingkat konsistensi yang tinggi. Lalu
berdasarkan diagram Cartesius yang terbentuk dan dilakukan uji hipotesa dengan uji
chi-kuadrat (X2
) didapat faktor – faktor pelayanan yang yang berpengaruh dan tidak
berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Kemudian dilakukan pengujian secara
teknis terhadap kenyamanan penumpang dengan hasil memenuhi tingkat kenyamanan
yang diisyaratkan, dan waktu tempuh perjalanan kereta yang menjadi faktor perbaikan.
Kata kunci : Analisa Kepuasan, Pelayanan KRL, KAI Commuter Line, KRL rute
Jakarta Kota – Bogor, SPSS, Validitas.</description><date>2020-05-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/3/3.%20Surat%20pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/4/4.%20lembar%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/5/5.%20kata%20pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/7/8.%20Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/8/7.%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/10/9.%20Daftar%20Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/9/10.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/11/11.%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/12/12.%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/13/13.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/14/14.%20Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/15/15.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55877/16/16.%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> PURBA, KRISTANTI APRIWANDA (2020) ANALISIS TINGKAT KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM KERETA REL LISTRIK DITINJAU DARI SUDUT OPERASIONAL DAN KEPUASAN PENUMPANG (Studi kasus commuter line rute Jakarta Kota - Bogor). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>55877</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PURBA, KRISTANTI APRIWANDA |
title |
ANALISIS TINGKAT KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN
UMUM KERETA REL LISTRIK DITINJAU DARI SUDUT
OPERASIONAL DAN KEPUASAN PENUMPANG
(Studi kasus commuter line rute Jakarta Kota - Bogor) |
publishDate |
2020 |
topic |
268.7 Services Pelayanan 620 Engineering and Applied Operations Ilmu Teknik dan operasi Terapan 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api Teknik Rel Kereta Api 657.83 Service and Professionals Activities Kegiatan Pelayanan dan Profesional |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/55877/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/2/2.%20Abstrak.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/3/3.%20Surat%20pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/4/4.%20lembar%20pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/5/5.%20kata%20pengantar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/7/8.%20Daftar%20Tabel.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/8/7.%20Daftar%20Gambar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/10/9.%20Daftar%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/9/10.%20Bab%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/11/11.%20Bab%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/12/12.%20Bab%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/13/13.%20Bab%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/14/14.%20Bab%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/15/15.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/16/16.%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55877/ |
contents |
The high population density and also the high price of land in Jakarta causing Jakarta
in a needs of a supporting area in its economic activities. Population mobility is in
desperate need of efficient and effective transportation services. At this time many
modes of transportation are competing to improve the quality of service, therefore
railway transportation services also need to improve the quality of service. Observing
the existing problem it is necessary to analyze the passenger satisfaction of KRL
services in order to obtain parameters that can be used in improving the quality of KRL
services.
The required data of the passenger satisfaction analysis process is primary data which
is survey results from some railway passengers with the method of providing
questionnaires. In addition it is also need the secondary data as supporting data for
data processing. This passenger satisfaction analysis procedure is use SPSS software
for performing the Statistics Test.
The result of the analysis, the validity test is carried out with bivariate correlation
method to measure the validity of data with significance value of 5% and R table
obtained for 0.195 obtained 100% validation result (all data are valid), then test of
realibitas to measure the consistency level of respondents in filling the questionnaire
with R table of 0.195 and R count obtained from SPSS program got result that
questionnaire have high level of consistency. Then, based on the Cartesian diagram is
formed and tested the hypothesis with the chi-square test (X2
) is obtained the factors
that is or not influence the service on passenger satisfaction. Then the technical test of
the passenger comfort with the result is fulfill the comfort level that indicated, and the
travel time of the train that became the improvement factor.
Keywords : Analysis of Satisfaction, Service of KRL, KAI Commuter Line, KRL route
Jakarta Kota – Bogor, SPSS, Validity
Tingginya kepadatan penduduk dan mahalnya nilai lahan di Jakarta maka kota Jakarta
membutuhkan wilayah penyangga dalam kegiatan perekonomiannya. Mobilitas
penduduk sangat membutuhkan pelayanan jasa trasnportasi yang efisien dan efektif.
Namun pada saat ini banyak moda transportasi yang sedang berlomba lomba
meningkatkan kualitas pelayanannya, maka oleh sebab itu pelayanan jasa trasportasi
kereta api juga perlu melakukan peningkatan dalam kualitas pelayanannya. Melihat
permasalahan yang ada maka perlu adanya analisis kepuasan penumpang terhadap
pelayanan KRL agar didapat parameter – parameter yang dapat digunakan dalam
meningkatkan kualitas pelayanan KRL.
Data data yang diperlukan dalam proses analisis kepuasan penumpang ini adalah data
primer yang berupa hasil survey kepada beberapa penumpang Kereta Rel Listrik dengan
metode pemberian kuesioner. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data
pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis kepuasan penumpang ini
menggunakan perangkat lunak SPSS dalam melakukan Uji Statistik.
Hasil analisa dilakukan pengujian validitas dengan metode korelasi bivariat untuk
mengukur sah atau tidaknya data dengan nilai signifikansi sebesar 5% dan R tabel
didapat sebesar 0.195 didapatkan hasil validasi 100% (semua data valid), kemudian
pengujian realibitas untuk mengukur tingkat konsistensi responden dalam mengisi
angket dengan R tabel sebesar 0.195 dan R hitungan yang didapat dari program SPSS
mendapatkan hasil bahwa angket memiliki tingkat konsistensi yang tinggi. Lalu
berdasarkan diagram Cartesius yang terbentuk dan dilakukan uji hipotesa dengan uji
chi-kuadrat (X2
) didapat faktor – faktor pelayanan yang yang berpengaruh dan tidak
berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Kemudian dilakukan pengujian secara
teknis terhadap kenyamanan penumpang dengan hasil memenuhi tingkat kenyamanan
yang diisyaratkan, dan waktu tempuh perjalanan kereta yang menjadi faktor perbaikan.
Kata kunci : Analisa Kepuasan, Pelayanan KRL, KAI Commuter Line, KRL rute
Jakarta Kota – Bogor, SPSS, Validitas. |
id |
IOS5909.55877 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2020-06-16T14:17:36Z |
last_indexed |
2020-06-16T14:17:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685794935907811328 |
score |
17.538404 |