STRATEGI HUMAS SETJEN DPR RI DALAM MEMBANGUN CITRA KE PUBLIK EKSTERNAL MELALUI MEDIA ONLINE PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI TAHUN 2018
Daftar Isi:
- ABSTRAK Strategi Humas yang dilakukan oleh Humas Setjen DPR RI adalah menggunakan salah satu media komunikasi yaitu media sosial website, Twitter, Instagram. Untuk memberi konstribusi dalam menyusun strategi ada empat langkah yang dilakukan Humas pada konsep yang diterapkan oleh Cutlip & Center yaitu pertama adanya Fact Finding, kedua melakukan adanya Planning, ketiga Communicatin yaitu mengkomunikasikan atau dilakukan kegiatan operasional, yang keempat adanya Evaluations. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan tipe penelitian deksriptif. Metode Kualitatif yang digunakan ialah gambaran atau deskripsi tentang variabel dari sebuah fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui data primer wawancara mendalam dan observasi, dan data sekunder dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian ini membahas mengenai Strategi Humas Setjen DPR RI dalam membangun citra yang ke publik ekternal melalui media online pejabat pengelola informasi dan dokumentasi tahun 2018, seperti identifikasi masalah yang dilakukan, tujuan membangun citra, perencanaan strategi humas, penentuan sasaran, pemilihan media sosial khususnya website dan sampai pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di ketahui strategi humas yang dilakukan dengan mengadakan media online khususnya website bisa dikatakan bahwa Humas Setjen DPR RI memiliki citra yang baik dipublik eksternal. Kata Kunci : Strategi Humas, Citra, Publik Eksternal, DPR RI.