STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING DAN LOYALITAS PELANGGAN PT. BATAM INTAN TELEKOMUNIKASI DI JAKARTA TAHUN 2018
Daftar Isi:
- Strategi customer retention merupakan merupakan salah satu bagian dari customer relationship management yang bertujuan untuk strategi mempertahankan pelanggan yang ada. Dengan adanya strategi tersebut diharapkan pelanggan tidak beralih ke kompetitor dan tetap loyal kepada perusahaan. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi, PT. Batam Bintan Telekomunikasi berfokus pada pelayanan dengan menerapkan strategi customer retention untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, membuat pelanggan menjadi loyal, dan tidak beralih ke pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi customer retention marketingdi PT. Batam Bintan Telekomunikasi untuk mempertahankan konsumen OFON di wilayah Jakarta pada Tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan tipe penelitian deskritif dan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, kemudian melakukan wawancara terhadap narasumber. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa PT. Batam Bintan Telekomunikasi sudah teridikasi telah melakukan usaha untuk mepertahankan pelanggannya. Hal ini dapat dilihat dari perbaikan layanan dan pelayanan dalam penangan keluhan pelanggan dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Batam Bintan Telekomunikasi sudah melakukan penerapan customer retention marketing dan berjalan baik. Kata kunci: Customer Retention Marketing, Jasa Telekomunikasi, Customer Loyalty, Ofon Customer retention strategy is one part of customer relationship management that aims to retain existing customers. With this strategy, it is expected that customers will not switch to competitors and remain loyal to the company. As a company engaged in telecommunications services, PT. Batam Bintan Telekomunikasi focuses on service by implementing a customer retention strategy to maintain good relations with customers, make customers loyal, and not turn to competitors. The purpose of this study was to determine the implementation of customer retention marketing strategies at PT. Batam Bintan Telekomunikasi to retain OFON customers in the Jakarta area in 2018. The research method used by researchers in this study is a case study method with descriptive research type and with descriptive qualitative research methods, then conduct interviews with speakers. The results of the research that have been done have been found that PT. Batam Bintan Telekomunikasi has been indicated to have made an effort to retain its customers. This can be seen from the improvement of services and services in handling customer complaints and meeting the needs and desires of customers. From this study, it can be concluded that PT. Batam Bintan Telekomunikasi has implemented customer retention marketing and is going well Keywords: Customer Retention Marketing, Telecommunications Services, Customer Loyalty, Ofon.