MUDIK GRATIS SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. JASA MARGA (PERSERO) Tbk DALAM MENINGKATKAN CITRA TAHUN 2019)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Organisasi atau perusahaan dalam kegiatannya tidak dapat dipisahkan dari masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Perusahaan beberapa tahun terakhir telah menganut teori organisasi modern yang mulai memperhitungkan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Hal ini berdampak pada cara pandang perusahaan terhadap lingkungan eksternalnya. Masyarakat tidak lagi dipandang sekedar kumpulan konsumen yang akan membeli produk yang dihasilkan perusahaan, melainkan juga menjadi mitra bagi keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuan. Perusahaan sebaiknya memiliki tangung jawab sosial (CSR) yang berkesinambungan terhadap masyarakat. CSR sebagai suatu program sosial yang dimiliki perusahaan dapat menjadi jalan atau media dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, program CSR yang berjalan dengan baik dapat menciptakan sebuah opini yang baik terhadap perusahaan, dimana akhirnya akan menciptakan sebuah citra yang positif bagi perusahaan. Pengakuan dan saling pengertian yang baik dari masyarakat terhadap perusahaan, dapat membuat perusahaan selalu berdiri dan diterima oleh masyarakat. Penerimaan ini dapat berupa dukungan dan kontribusi dari masyarakat dalam mewujudkan tercapainya tujuan dan berdirinya perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, memberikan gambaran-gambaran yang detail mengenai gejala atau fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui data primer: wawancara mendalam dan observasi, dan data sekunder : dengan mengumpulkan berbagai macam data kepustakaan yang berkenaan dengan pemenuhan kebutuhan khalayak dalam penggunaan media. Dengan mengumpulkan bahan atau data yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian ini membahas mengenai Mudik Gratis Sebagai Corporate Social Responsibility PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Dalam Meningkatkan Citra Tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui strategi Humas yang dilakukan dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility guna meningkatkann citra perusahaan Kata kunci : Strategi Public Relations, Citra, CSR, PT. Jasa Marga. ABSTRACT Organizations or companies in their activities cannot be separated from the community around the company. Companies in recent years have embraced modern organizational theory that has begun to take into account the company's internal and external environment. This has an impact on the way the company looks at its external environment. Society is no longer seen as a collection of consumers who will buy products produced by the company, but also becomes a partner for the company's success in achieving its goals. Companies should have a social responsibility (CSR) that is sustainable for the community. CSR as a social program owned by the company can be a way or media in creating public welfare. In addition, a CSR program that runs well can create a good opinion of the company, which in turn will create a positive image for the company. Good community recognition and mutual understanding of the company can make the company always stand up and be accepted by the community. This acceptance can be in the form of support and contribution from the community in realizing the achievement of the objectives and establishment of the company. This research is a descriptive study with a qualitative approach, providing detailed descriptions of the symptoms or phenomena that occur. Data collection techniques in this study were obtained through primary data: in-depth interviews and observations, and secondary data: by collecting various kinds of library data relating to meeting the needs of the audience in the use of media. By collecting material or data relating to the problem to be investigated. The data validity checking technique used is triangulation. The results of this study discuss the Free Homecoming as Corporate Social Responsibility of PT. Jasa Marga (Persero) Tbk In Improving the Image of 2019. Based on the results of this study it can be seen that the Public Relations strategy carried out by carrying out Corporate Social Responsibility activities to improve the company's image Keywords: Public Relations Strategy, Image, CSR, PT. Jasa Marga.