ANALISIS UJI KINERJA MESIN SEPEDA MOTOR MATIC BERBAHAN BAKAR GAS LPG MENGGUNAKAN ECU STANDAR DAN MODIFIKASI

Main Author: PARLINDUNGAN, GADING BRIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/54662/1/01%5D%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/2/05%5D%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/3/02%5D%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/4/03%5D%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/5/06%5D%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/6/08%5D%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/7/07%5D%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/8/09%5D%20BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/9/10%5D%20BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/10/11%5D%20BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/11/12%5D%20BAB%20IV%20new.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/12/13%5D%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/13/14%5D%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/14/15%5D%20LAMPIRAN%20AB.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/54662/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan jumlah kendaraan yang meningkat dan berbanding terbalik dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang terus berkurang. Pemakaian bahan bakar minyak berpengaruh terhadap ketersediaan bahan bakar. Oleh karena itu kita perlu melakukan penghematan energi pada bahan bakar kendaraan bermotor dan salah satunya energi alternatif pengganti bahan bakar minyak untuk kendaraan adalah bahan bakar gas LPG. Untuk menggunakan bahan bakar gas LPG, perlu menggunakan beberapa komponen gas LPG, seperti selang gas LPG, check valve, manometer dan ECU yang harus disesuaikan pada motor dengan sifat gas LPG. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja mesin motor termasuk konsumsi dalam pemakaian bahan bakar yang berbeda,yaitu pertalite dan Gas LPG dengan menggunakan ECU standar dan ECU modifikasi. Pada kinerja maksimal daya dan torsi pada motor berbahan bakar gas LPG ini diperoleh dari hasil uji dynotest menggunakan ECU standar dan ECU modifikasi pada RPM 6000 dengan data, Torsi = 4,4 Nm, Daya = 3,70 Hp pada pemakaian ECU standar, dan Torsi = 4 Nm, Daya = 3,36 pada ECU modifikasi dan konsumsi bahan bakar gas LPG pada RPM 5500 dengan data 0,91 L/jam,sedangkan pertalite, torsi= 4,5 Nm, Daya= 3,79 Hp, dan konsumsi bahan bakar 0,93 L/jam. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja motor berbahan bakar gas LPG masih lebih rendah, tetapi untuk konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Kata kunci : gas LPG, pertalite, ECU standar dan modifikasi, kinerja mesin. Growth in the number of vehicles is increasing and is inversely proportional to the availability of fuel oil (BBM) which continues to decrease. The use of fuel affects the availability of fuel. Therefore we need to make energy savings in motor vehicle fuel and one of them is alternative energy to substitute fuel oil for vehicles is LPG gas fuel. To use LPG fuel gas, it is necessary to use several LPG gas components, such as LPG gas hoses, check valves, manometers and ECUs which must be adjusted to the motor with LPG gas properties.The research aims to analyze the performance of motor engines including consumption in different fuel uses, namely pertalite and LPG gas using standard ECU and modified ECU. At maximum power and torque performance on LPG gas-powered motors obtained from dynotest test results using a standard ECU and ECU modification at 6000 RPM with data, Torque = 4.4 Nm, Power = 3.70 Hp on standard ECU usage, and Torque = 4 Nm, Power = 3.36 at the modified ECU and LPG gas fuel consumption at RPM 5500 with data of 0.91 L / hr, while pertalite, torque = 4.5 Nm, Power = 3.79 Hp, and material consumption burn 0.93 L / hour. From these data it can be concluded that the performance of LPG gas-fueled motorcycles is still lower, but for fuel consumption is more economical. Keywords: LPG gas, pertalite, standard ECU and modification, engine performance.