PENENTUAN PRIORITAS DALAM PEMILIHAN PRODUK SABUN DI PT. SBK MENGGUNAKAN HYBRID METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEA SOLUTION (TOPSIS)
Daftar Isi:
- Penentuan prioritas dalam pemilihan produk merupakan salah satu strategi bisnis yang penting dalam suatu perusahaan. Perusahaan mengalami kesulitan dalam memproduksi variasi produk sehingga dilakukan penentuan kriteria dan pemilihan produk unggulan dengan alternatif merek yang ada. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penting kriteria dan alternatif produk sabun agar lebih fokus, efektif dan efisien dalam menghasilkan produk serta mengetahui prioritas dari kriteria dan alternatif produk sabun dengan menggunakan hybrid metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Idea Solution (TOPSIS). Penentuan prioritas dalam pemilihan produk sabun dilakukan dengan menggunakan metode AHP-TOPSIS, dimana metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas terbaik dari masing-masing kriteria yang memiliki bobot kepentingan masing-masing, sedangkan perangkingan alternatif produk menggunakan metode TOPSIS. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dihasilkan dari masing-masing kriteria adalah keunggulan produk 36%, prospek pasar 24%, volume penjualan 20%, kemudahan produksi 11%, dan ketersediaan bahan 9%. Hasil analisis dan pengolahan data diperoleh nilai preferensi dari setiap alternatif yaitu Vea 0.8731, Vascali 0.5250, dan Amorish 0.1660. Kata Kunci : Pemilihan produk, Strategi bisnis, AHP, TOPSI