Daftar Isi:
  • This study aims to determine whether there is a relationship between social media addiction and social skills in students of class VII and VIII at SMPN 82 Jakarta. In this study using a sample of 140 students class VII and VIII SMP 82 Jakarta with the age limit of 13 to 15 years. The method used is quantitative method. Sampling of research subjects using the Purpossive sampling method. The results showed that there was no significant relationship between social media addiction and social skills of students of class VII and VIII of SMP 82 Jakarta, this was based on the obtained results of Pearson correlation of value (r) = 0.07 and with significance (p) = 0.411 In addition, it was also found that there was no significant difference in the variable social skills between male and female respondents while the variable of social media addiction was a difference between male and female respondents. Keywords: social media addiction, social skills, early teens Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecanduan media sosial dengan keterampilan sosial pada siswa kelas VII dan VIII di SMPN 82 Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 orang siswa kelas VII dan VIII SMPN 82 Jakarta dengan batas usia 13 sampai 15 tahun. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Pengambilan sampel terhadap subjek penelitian menggunakan metode Purpossive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan media sosial dengan keterampilan sosial siswa kelas VII dan VIII SMPN 82 Jakarta, hal ini berdasarkan didapatkannya hasil korelasi Pearson sebesar nilai (r) = 0,07 dan dengan signifikansi (p) sebesar = 0,411, selain itu ditemukan pula bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada variabel keterampilan sosial antara responden laki-laki dan perempuan sedangkan variable kecanduan media sosial ada perbedaan antara responden laki-laki dan perempuan. Kata kunci : kecanduan media sosial, keterampilan sosial, remaja awal