TUGAS AKHIR STUDI EVALUASI KEBUTUHAN PELAYANAN PEJALAN KAKI JALAN MERUYA SELATAN, KEMBANGAN, JAKARTA BARAT (DEPAN UNIVERSITAS MERCU BUANA)
Daftar Isi:
- Pedestrians are a form of transportation that is no less than the transportation of other vehicles. Around the education area such as the University of Mercu Buana Campus the volume of pedestrians increases quite high compared to residential and industrial areas. Therefore it is necessary to re-evaluate pedestrian facilities that exist because of changes in population in the area so pedestrians feel safe and comfortable crossing the area. The purpose of this study was to determine pedestrian volume, pedestrian speed and free space. Then to evaluate existing sidewalks and crossing facilities. Determine what type of facility is suitable for that location. And find out the LOS flow of traffic at that location. In this study, will evaluate the sidewalks that are in front of and across from Mercu Buana University, crossing facilities and traffic flow on the road. The survey will be conducted for 2 days, Saturday 2 March 2019 and Monday 4 March 2019 during rush hour. The surveys needed are pedestrian flow volume, measurement of road geometric, vehicle volume, speed, side barriers and pedestrian volume crossing the road. In determining the level of service for pedestrian facilities using the rules for procedures for planning pedestrian facilities in urban areas (Ministry of Public Works Directorate General of Highways, Directorate of Technical Development / No: 011 / T / Bt / 1995) and for determining LOS traffic flow using Manual Capacity of Indonesian Road 1997. In the analysis that has been done that the LOS on the sidewalk in front of UMB is B with a current per 15 minutes (V15) of 1.25 ped/minute/ft, pedestrian space is 35,96 ft2/ped and the level of sidewalk service across UMB is B with a current per 15 minutes (V15) of 1,39 ped/minute/ft, pedestrian space of 35,05 ft2/ped. And the LOS flow of traffic in that location is E with DS of 0.94 with an average speed of space of 8.56 smp/hour. Evaluation of existing crossing facilities is insufficient because the pedestrian volume is quite high so it needs to be replaced with a pelican with a waiting stall. Keyword : Crossing Facilities, Levels of Pedestrian Performance Services, Pedestrians, Sidewalks, , Traffic Flow Pejalan kaki merupakan bentuk transportasi yang tidak kalah banyak debandingkan dengan transportasi kendaraan lain. Di sekitar kawasan pendidikan seperti Kampus Universitas Mercu Buana volume pejalan kaki meningkat cukup tinggi dibandingkan di kawasan pemukiman dan industri. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi kembali terhadap fasilitas pejalan kaki yang ada karena perubahan populasi di daerah tersebut agar pejalan kaki merasa aman dan nyaman melintasi kawasan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui volume pejalan kaki, kecepatan pejalan kaki serta ruang bebasnya. Lalu untuk mengevaluasi trotoar dan fasilitas penyeberangan yang ada. Mengetahui jenis fasilitas apa yang cocok dengan lokasi tersebut. Dan mengetahui LOS arus lalu lintas pada lokasi tersebut. Pada penelitian ini akan mengevaluasi trotoar yang berada di depan Universitas Mercu Buana dan di seberang Universitas Mercu Buana, fasilitas pengeberangan dan arus lalu lintas pada jalan tersebut. Dalam penelitian ini akan dilakukan survey selama 2 hari yaitu hari Sabtu 2 Maret 2019 dan Senin 4 Maret 2019 pada jam sibuk. Diperlukan survey volume arus pejalan kaki, pengukuran geometrik jalan, volume kendaraan, kecepatan, hambatan samping dan volume pejalan kaki menyeberang jalan. Dalam penentuan LOS pada fasilitas pejalan kaki menggunakan peraturan Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan ( Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Teknik /No:011/T/Bt/1995) dan untuk penentuan LOS arus lalu lintas menggunakan MKJI 1997. Dalam analisa yang telah dilakukan bahwa LOS pada trotoar di depan UMB adalah B dengan arus per 15 menit (V15) sebesar 1,25 ped/menit/ft, ruang pejalan kaki sebesar 35,96 ft2/ped dan LOS trotoar di seberang UMB adalah B dengan arus per 15 menit (V15) sebesar 1,39 ped/menit/ft, ruang pejalan kaki sebesar 35,05 ft2/ped. Dan LOS arus lalu lintas di lokasi tersebut adalah E dengan DS sebesar 0,94 dengan kecepatan rata-rata ruang sebesar 8,56 smp/jam. Evaluasi fasilitas penyeberangan yang ada tidak mencukupi karena volume pejalan kaki yang cukup tinggi sehingga perlu digantikan dengan pelican dengan lapak tunggu. Kata Kunci : Arus Lalu Lintas, Fasilitas Penyeberangan, Pejalan kaki, Tingkat Pelayanan Kinerja Pejalan Kaki, Trotoar