PENGARUH VIDEO YOUTUBER TERHADAP PERILAKU FANBASE GITASFREUNDEOFFICIAL (Survei terhadap Fanbase GitasFreundeOfficial)
ctrlnum |
52116 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/</relation><title>PENGARUH VIDEO YOUTUBER TERHADAP PERILAKU FANBASE GITASFREUNDEOFFICIAL (Survei terhadap Fanbase GitasFreundeOfficial)</title><creator>WULANDARI, MITA</creator><subject>006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer</subject><subject>770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto</subject><subject>778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi</subject><subject>778.52 General Topics of Cinematography and Video Production/Topik-topik Umum Mengenai Sinematografi dan Produksi Video</subject><description>Social media is used by users to do social interaction in the virtual world,
for example: Youtube. One of the young youtuber in Indonesia is Gita Savitri
Devi. Gita is actively use her YouTube channel to share inspirational video
content.Referring to this background, this study aims to answer questions, that is
how the influence of the YouTube video on the behavior of GitasFreundeOfficial
Fanbase?This study is descriptive with a quanititative approach, the paradi in this
study is the positivistic paradigm, and the method used is survey. The sample
technique used was purposive sampling technique, with 84 respondents. Data
collection methods used in this study are primary data in the form of
questionnaires and secondary data.The theory in this study uses observational
learning theory. Aspects of influence consist of media, massages and
communicators. According to Albert Bandura, the behavioral aspect consist of
Attentiveness, Retention, Behavior Formatio Processes, and Motivational
Processes.The results of R Square in this study, namely the coefficient of
determination (KD) of 50,2%, which means that the influence variable of the
video Youtuber (X) has a contribution in influencing the behavior of the Fanbase
GitasFreundeOfficial by 50,2%.
Keywords : Video, YouTuber, Behavior, Fanbase

Media Sosial digunakan para pengguna untuk melakukan hubungan sosial
dalam dunia virtual, contohnya Youtube. Salah satu Youtuber muda adalah Gita
Savitri Devi. Gita secara aktif memanfaatkan saluran YouTube-nya untuk berbagi
konten-konten video yang inspiratif.
Merujuk dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
menjawab pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana pengaruh video Youtuber
terhadap perilaku Fanbase GitasFreundeOfficial?
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, paradigma
yang digunakan penelitian ini adalah paradgma Positivistik, serta metode yang
digunakan adalah survei. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Purposive
Sampling, dengan jumlah responden 84 orang. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah data primer berupa angket dan sekunder.
Teori pada penelitian ini menggunakan Teori Belajar Observasional.
Aspek pengaruh terdiri dari media, pesan, dan komunikator. Menurut Albert
Bandura aspek perilaku yaitu Atensional (Proses Memperhatikan), Retensional
(Proses mengingat, proses pembentukan perilaku, dan proses motivasional.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai R Square yaitu koefisien determinasi
(KD) sebesar 50,2% yang berarti menunjukkan bahwa variabel pengaruh video
youtuber (X) memiliki kontribusi dalam mempengaruhi perilaku Fanbase
GitasFreundeOfficial sebesar 50,2%.
Kata Kunci: Video, Youtuber, Perilaku, Fanbase</description><date>2019-11-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/1/1.%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/5/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/4/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/7/7.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/8/8.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/9/9.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/10/10.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/11/11.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/12/12.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/13/13.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/14/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52116/15/15.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WULANDARI, MITA (2019) PENGARUH VIDEO YOUTUBER TERHADAP PERILAKU FANBASE GITASFREUNDEOFFICIAL (Survei terhadap Fanbase GitasFreundeOfficial). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>52116</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WULANDARI, MITA |
title |
PENGARUH VIDEO YOUTUBER TERHADAP PERILAKU FANBASE GITASFREUNDEOFFICIAL (Survei terhadap Fanbase GitasFreundeOfficial) |
publishDate |
2019 |
topic |
006.69 Special Topics in Computer Graphics Topik Khusus dalam Grafik Komputer 770 Photography and Photographs Seni Fotografi dan Foto 778 Specific Fields of Photography Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi 778.52 General Topics of Cinematography and Video Production Topik-topik Umum Mengenai Sinematografi dan Produksi Video |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/52116/1/1.%20JUDUL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/5/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/4/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/7/7.%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/8/8.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/9/9.%20BAB%20I.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/10/10.%20BAB%20II.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/11/11.%20BAB%20III.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/12/12.%20BAB%20IV.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/13/13.%20BAB%20V.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/14/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/15/15.%20LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52116/ |
contents |
Social media is used by users to do social interaction in the virtual world,
for example: Youtube. One of the young youtuber in Indonesia is Gita Savitri
Devi. Gita is actively use her YouTube channel to share inspirational video
content.Referring to this background, this study aims to answer questions, that is
how the influence of the YouTube video on the behavior of GitasFreundeOfficial
Fanbase?This study is descriptive with a quanititative approach, the paradi in this
study is the positivistic paradigm, and the method used is survey. The sample
technique used was purposive sampling technique, with 84 respondents. Data
collection methods used in this study are primary data in the form of
questionnaires and secondary data.The theory in this study uses observational
learning theory. Aspects of influence consist of media, massages and
communicators. According to Albert Bandura, the behavioral aspect consist of
Attentiveness, Retention, Behavior Formatio Processes, and Motivational
Processes.The results of R Square in this study, namely the coefficient of
determination (KD) of 50,2%, which means that the influence variable of the
video Youtuber (X) has a contribution in influencing the behavior of the Fanbase
GitasFreundeOfficial by 50,2%.
Keywords : Video, YouTuber, Behavior, Fanbase
Media Sosial digunakan para pengguna untuk melakukan hubungan sosial
dalam dunia virtual, contohnya Youtube. Salah satu Youtuber muda adalah Gita
Savitri Devi. Gita secara aktif memanfaatkan saluran YouTube-nya untuk berbagi
konten-konten video yang inspiratif.
Merujuk dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
menjawab pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana pengaruh video Youtuber
terhadap perilaku Fanbase GitasFreundeOfficial?
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, paradigma
yang digunakan penelitian ini adalah paradgma Positivistik, serta metode yang
digunakan adalah survei. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Purposive
Sampling, dengan jumlah responden 84 orang. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah data primer berupa angket dan sekunder.
Teori pada penelitian ini menggunakan Teori Belajar Observasional.
Aspek pengaruh terdiri dari media, pesan, dan komunikator. Menurut Albert
Bandura aspek perilaku yaitu Atensional (Proses Memperhatikan), Retensional
(Proses mengingat, proses pembentukan perilaku, dan proses motivasional.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai R Square yaitu koefisien determinasi
(KD) sebesar 50,2% yang berarti menunjukkan bahwa variabel pengaruh video
youtuber (X) memiliki kontribusi dalam mempengaruhi perilaku Fanbase
GitasFreundeOfficial sebesar 50,2%.
Kata Kunci: Video, Youtuber, Perilaku, Fanbase |
id |
IOS5909.52116 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2019-11-26T00:34:00Z |
last_indexed |
2019-12-16T05:36:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510875827896320 |
score |
17.538404 |