PERANCANGAN APLIKASI HELPDESK UNTUK MENGELOLA MANAJEMEN KOMPLAIN APLIKASI DAFINCI PADA PT. TELKOMSEL DENGAN PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM

Main Author: VIRGIYANTI, YOVITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/52110/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/2/2.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/7/7.%20Daftar%20tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/8/8.%20Daftar%20gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/9/9.%20Daftar%20lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/10/10.%20Bab%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/11/11.%20Bab%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/12/12.%20Bab%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/13/13.%20Bab%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/14/14.%20Bab%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/15/15.%20Bab%206.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/16/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/17/17.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/
ctrlnum 52110
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/</relation><title>PERANCANGAN APLIKASI HELPDESK UNTUK MENGELOLA MANAJEMEN KOMPLAIN APLIKASI DAFINCI PADA PT. TELKOMSEL DENGAN PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM</title><creator>VIRGIYANTI, YOVITA</creator><subject>005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus</subject><subject>651 Office Services/Layanan Kantor</subject><subject>651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran</subject><subject>658 General Management/Manajemen Umum</subject><subject>658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]</subject><subject>658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer</subject><description>Abstract -- PT. Telkomsel is a Cellular Telecommunication Company in Indonesia. PT. Telkomsel has an internal system called Database For Implementation Raiec or abbreviated as Dafinci, a project management application that is used by several departments at PT. Telkomsel, because it is still in the development stage so that the dafinci application still has many obstacles and complaints from employees. At present there is no systematic and structured complaint handling system that results in duplicated complaints reports, non-responding complaints reports, undocumented complaints reports that result in employee performance. The purpose of writing this Final Project is to design a helpdesk application system to manage complaint management in the Dafinci application, which can provide solutions and an overview of the problems experienced by the Dafinci system and the implementation of knowledge management to facilitate documentation and use problems and improve the quality of work for Telkomsel employees . The method used in designing this application is the SLDC (System Development Life Cyle) with the waterfall model and using PIECES analysis with the application of a knowledge management system to support interaction between employees, system design using UML tools (Unified Modeling Language) such as Use Case Diagrams, Activity Diagrams and Class Diagram.&#xD; Keywords: Knowledge Management System, PIECES, Design ofApplications Helpdesk&#xD; &#xD; Abstrak -- PT. Telkomsel adalah Perusahaan Telekomunikasi Seluler di Indonesia.&#xD; PT. Telkomsel mempunyai sebuah sistem internal yang bernama Database For&#xD; Implementation Raiec atau disingkat Dafinci, merupakan sebuah aplikasi project&#xD; management yang digunakan oleh beberapa departemen pada PT. Telkomsel,&#xD; karena masih dalam tahap pengembangan sehingga aplikasi dafinci masih terdapat&#xD; banyak kendala dan komplain dari para karyawan. Saat ini belum memiliki sebuah&#xD; sistem penanganan keluhan yang sistematis dan terstruktur sehingga&#xD; mengakibatkan adanya laporan keluhan yang terduplikasi, laporan keluhan yang&#xD; tidak terespon, laporan keluhan yang tidak terdokumentasi yang berakibat pada&#xD; kinerja karyawan. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini ialah merancang sebuah&#xD; sistem aplikasi helpdesk untuk mengelola manajemen komplain pada aplikasi&#xD; Dafinci, yang bisa memberikan solusi dan gambaran terhadap permasalahan yang&#xD; dialami oleh sistem Dafinci serta penerapan knowledge management untuk&#xD; memfasilitasi masalah pendokumentasian dan penggunaannya serta meningkatkan&#xD; kualitas kerja bagi karyawan Telkomsel . Metode yang digunakan dalam&#xD; perancangan aplikasi ini adalah SLDC ( System Development Life Cyle ) dengan&#xD; model waterfall dan menggunakan analisa PIECES dengan penerapan knowledge&#xD; management system untuk mendukung interaksi antar karyawan, desain sistem&#xD; menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) seperti Use Case&#xD; Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram.&#xD; Kata Kunci: Knowledge Management System, PIECES, Perancangan Aplikasi&#xD; Helpdesk</description><date>2019-11-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/7/7.%20Daftar%20tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/8/8.%20Daftar%20gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/9/9.%20Daftar%20lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/10/10.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/11/11.%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/12/12.%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/13/13.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/14/14.%20Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/15/15.%20Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/16/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52110/17/17.%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> VIRGIYANTI, YOVITA (2019) PERANCANGAN APLIKASI HELPDESK UNTUK MENGELOLA MANAJEMEN KOMPLAIN APLIKASI DAFINCI PADA PT. TELKOMSEL DENGAN PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>52110</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author VIRGIYANTI, YOVITA
title PERANCANGAN APLIKASI HELPDESK UNTUK MENGELOLA MANAJEMEN KOMPLAIN APLIKASI DAFINCI PADA PT. TELKOMSEL DENGAN PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM
publishDate 2019
topic 005.5 General Purpose Application Programs
Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
651 Office Services
Layanan Kantor
651.8 Computer Application for Office Management
Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
658 General Management
Manajemen Umum
658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes
Scopes
Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran
Lingkup
Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
658.05 Data Processing Computer Applications
Pengolahan Data Aplikasi Komputer
url http://repository.mercubuana.ac.id/52110/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/2/2.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/7/7.%20Daftar%20tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/8/8.%20Daftar%20gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/9/9.%20Daftar%20lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/10/10.%20Bab%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/11/11.%20Bab%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/12/12.%20Bab%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/13/13.%20Bab%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/14/14.%20Bab%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/15/15.%20Bab%206.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/16/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/17/17.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/52110/
contents Abstract -- PT. Telkomsel is a Cellular Telecommunication Company in Indonesia. PT. Telkomsel has an internal system called Database For Implementation Raiec or abbreviated as Dafinci, a project management application that is used by several departments at PT. Telkomsel, because it is still in the development stage so that the dafinci application still has many obstacles and complaints from employees. At present there is no systematic and structured complaint handling system that results in duplicated complaints reports, non-responding complaints reports, undocumented complaints reports that result in employee performance. The purpose of writing this Final Project is to design a helpdesk application system to manage complaint management in the Dafinci application, which can provide solutions and an overview of the problems experienced by the Dafinci system and the implementation of knowledge management to facilitate documentation and use problems and improve the quality of work for Telkomsel employees . The method used in designing this application is the SLDC (System Development Life Cyle) with the waterfall model and using PIECES analysis with the application of a knowledge management system to support interaction between employees, system design using UML tools (Unified Modeling Language) such as Use Case Diagrams, Activity Diagrams and Class Diagram. Keywords: Knowledge Management System, PIECES, Design ofApplications Helpdesk Abstrak -- PT. Telkomsel adalah Perusahaan Telekomunikasi Seluler di Indonesia. PT. Telkomsel mempunyai sebuah sistem internal yang bernama Database For Implementation Raiec atau disingkat Dafinci, merupakan sebuah aplikasi project management yang digunakan oleh beberapa departemen pada PT. Telkomsel, karena masih dalam tahap pengembangan sehingga aplikasi dafinci masih terdapat banyak kendala dan komplain dari para karyawan. Saat ini belum memiliki sebuah sistem penanganan keluhan yang sistematis dan terstruktur sehingga mengakibatkan adanya laporan keluhan yang terduplikasi, laporan keluhan yang tidak terespon, laporan keluhan yang tidak terdokumentasi yang berakibat pada kinerja karyawan. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini ialah merancang sebuah sistem aplikasi helpdesk untuk mengelola manajemen komplain pada aplikasi Dafinci, yang bisa memberikan solusi dan gambaran terhadap permasalahan yang dialami oleh sistem Dafinci serta penerapan knowledge management untuk memfasilitasi masalah pendokumentasian dan penggunaannya serta meningkatkan kualitas kerja bagi karyawan Telkomsel . Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah SLDC ( System Development Life Cyle ) dengan model waterfall dan menggunakan analisa PIECES dengan penerapan knowledge management system untuk mendukung interaksi antar karyawan, desain sistem menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) seperti Use Case Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram. Kata Kunci: Knowledge Management System, PIECES, Perancangan Aplikasi Helpdesk
id IOS5909.52110
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2019-11-26T00:34:00Z
last_indexed 2019-12-16T05:36:31Z
recordtype dc
_version_ 1674510875811119104
score 17.538404