PENGARUH MOTIVASI, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus di Museum MH. Thamrin Jakarta)
Daftar Isi:
- Museum MH. Thamrin was build on 20th century as PPPKI (Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia) building. In the last 3 years from 2013-2015 this Museum having decreasing of visitor caused by the peoples prefer to visit a shopping center and also the new famous destination. Therefore, i am doing this research in this Museum. This research aims to know the influence of motivation, location, and facility to visit decision (case on Museum MH. Thamrin Jakarta). The object for this research is the visitor of Museum MH. Thamrin Jakarta. This research was done to 170 respondents by using quantitativedescriptive aproach and non probability sampling (purposive sampling). Those data analysed by SEM which is used by SmartPLS 3.0. The result of this research shows that partially, the variable of motivation, location, and facility was influenced significantly to visit decision. It has been proven from the result of boostrapping algorythme for hipothesys. Keyword: motivation, location, facility, visit decision. Museum MH. Thamrin didirikan pada abad ke-20 sebagai Gedung Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI). Dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun dari tahun 2013-2015 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Museum MH. Thamrin terus mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan para wisatawan cenderung lebih tertarik pergi ke tempat-tempat pusat perbelanjaan atau ketempat wisata yang lebih terkenal. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian pada Museum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung (studi kasus pada Museum MH. Thamrin Jakarta). Objek penelitian ini adalah pengunjung Museum MH. Thamrin Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada 170 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah SEM dimana pengolahan data menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi, lokasi, dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis bootstrapping. Kata Kunci: motivasi, lokasi, fasilitas, keputusan berkunjung