ctrlnum 50883
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/</relation><title>DESAIN DAN ANALISIS PEMBEBANAN STATIS TUMPUAN FRAME MINI COMPRESSOR PORTABLE DENGAN DAYA 1/6 PK</title><creator>HALI, MUHAMMAD NOER</creator><subject>025.344 Machine-Readable Materials/Bahan yang Dapat Dibaca Mesin</subject><subject>621 Applied Physics/Fisika terapan</subject><subject>621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin</subject><subject>726.51 Design, Decoration, Construction of Structural Elements/Desain, Dekorasi, Struktur</subject><subject>745.2 Industrial Design/Desain Industri</subject><description>Nowadays, especially in Indonesia, the use of compressors is already familiar to&#xD; the public. In a compressor design there is a design and frame. Design is a plan&#xD; in an object, system, component pr structure as a place of a compressor&#xD; component. While the frame is a frame that functions as a weight support for a&#xD; component, as well as other part. Remembering its function that is a a load&#xD; support from the compressor so that the frame works properly and correctly. The&#xD; aim is for the author to make a frame from the existing and multifunctional&#xD; development result. The way to make frames on compressor devices is the author&#xD; designed with solidworks software and testing simulations and analyzing the&#xD; momen force loads that occur in the frame with structural statistics calculations,&#xD; the author compares the results of simulation tests and manual calculations by&#xD; adding heavy loads to the solidworks simulation that will be carried out. The&#xD; choice of material for frame design for compressors is galvanized steel. After&#xD; doing the design and some static test analysis using solidworks simulation and&#xD; manual calculation, the results obtained in the manual calculation are 58.86 N at&#xD; the top frame and at the bottom frame at 24.52 N. The results of the security&#xD; factor in the manual calculation on the upper frame are 230.4&gt; 1 and at the&#xD; bottom frame is 1,070.8&gt; 1. In the solidworks simulation results, the load&#xD; contained in the upper frame is 70 N and the bottom frame is 50 N. The maximum&#xD; voltage that occurs is 61.1 N/m2, the maximum displacement that occurs is&#xD; 0.00876 mm, the maximum strain results that occur 1,000292 with the maximum&#xD; frame position is still very safe and the calculation of the safety factor on the&#xD; frame is 3.3&gt; 1 frame is still safe to use.&#xD; Keywords : Frame Design, Galvanized Steel, Style Momen, Solidworks&#xD; Simulation, Safety Factor.&#xD; &#xD; Pada zaman sekarang ini khususnya di Indonesia penggunaan kompresor&#xD; sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Dalam sebuah perancangan&#xD; suatu kompresor terdapat sebuah desain dan frame. Desain adalah sebuah&#xD; perencanaan dalam sebuah objek, sistem, komponen atau struktur sebagai&#xD; penopang dari suatu komponen kompresor tersebut dan lainnya. Sedangkan frame&#xD; adalah rangka yang berfungsi sebagai penopang berat suatu komponen, serta part&#xD; lainnya. Mengingat fungsinya yaitu sebagai penopang beban dari kompresor agar&#xD; frame bekerja dengan baik dan benar. Tujuannya adalah penulis membuat frame&#xD; dari hasil pengembangan yang sudah. Cara pembuatan frame pada alat kompresor&#xD; adalah penulis mendesain dengan software solidworks serta melakukan uji&#xD; simulasi dan menganalisis beban momen gaya yang terjadi pada frame dengan&#xD; perhitungan statika struktur, penulis membandingkan hasil dari uji simulasi dan&#xD; perhitungan manual dengan melakukan penambahan beban berat pada simulasi&#xD; solidworks yang akan dilakukan. Pemilihan material pada desain frame untuk&#xD; kompresor tersebut adalah galvanized steel. Setelah melakukan desain dan&#xD; beberapa analisis uji statik menggunakan solidworks simulation serta perhitungan&#xD; manual hasil yang didapat pada perhitungan manual adalah sebesar 58,86 N pada&#xD; frame atas dan pada frame bawah sebesar 24,52 N. Hasil safety factor pada&#xD; perhitungan manual pada frame atas adalah 230,4&gt;1 dan pada frame bawah&#xD; adalah 1.070,8&gt;1. Pada hasil uji simulasi solidworks beban yang terdapat pada&#xD; frame atas sebesar 70 N dan frame bawah sebesar 50 N. Hasil tegangan maksimal&#xD; yang terjadi 61,1 N/m2, hasil displacement maksimum yang terjadi 0,00876 mm,&#xD; hasil regangan maksimum yang terjadi 1,000292 dengan posisi strain frame&#xD; maksimum masih sangat aman dan perhitungan safety factor pada frame adalah&#xD; hasilnya 3,3&gt;1 masih aman digunakan.&#xD; Kata Kunci : Desain Rangka, Galvanized Steel, Momen Gaya, Solidwoks&#xD; Simulation, Safety Factor.</description><date>2019-09-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/1/01.%20JUDUL%20TUGAS%20AKHIR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/2/06.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/3/03.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/4/04.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/5/05.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/6/07.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/7/09.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/8/08.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/9/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/10/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/11/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/12/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/13/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/50883/14/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> HALI, MUHAMMAD NOER (2019) DESAIN DAN ANALISIS PEMBEBANAN STATIS TUMPUAN FRAME MINI COMPRESSOR PORTABLE DENGAN DAYA 1/6 PK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>50883</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HALI, MUHAMMAD NOER
title DESAIN DAN ANALISIS PEMBEBANAN STATIS TUMPUAN FRAME MINI COMPRESSOR PORTABLE DENGAN DAYA 1/6 PK
publishDate 2019
topic 025.344 Machine-Readable Materials
Bahan yang Dapat Dibaca Mesin
621 Applied Physics
Fisika terapan
621.8 Machine Engineering
Machinery/Teknik Mesin
726.51 Design
Decoration
Construction of Structural Elements/Desain
Dekorasi
Struktur
745.2 Industrial Design
Desain Industri
url http://repository.mercubuana.ac.id/50883/1/01.%20JUDUL%20TUGAS%20AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/2/06.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/3/03.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/4/04.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/5/05.%20PENGHARGAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/6/07.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/7/09.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/8/08.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/9/11.%20BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/10/12.%20BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/11/13.%20BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/12/14.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/13/15.%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/14/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50883/
contents Nowadays, especially in Indonesia, the use of compressors is already familiar to the public. In a compressor design there is a design and frame. Design is a plan in an object, system, component pr structure as a place of a compressor component. While the frame is a frame that functions as a weight support for a component, as well as other part. Remembering its function that is a a load support from the compressor so that the frame works properly and correctly. The aim is for the author to make a frame from the existing and multifunctional development result. The way to make frames on compressor devices is the author designed with solidworks software and testing simulations and analyzing the momen force loads that occur in the frame with structural statistics calculations, the author compares the results of simulation tests and manual calculations by adding heavy loads to the solidworks simulation that will be carried out. The choice of material for frame design for compressors is galvanized steel. After doing the design and some static test analysis using solidworks simulation and manual calculation, the results obtained in the manual calculation are 58.86 N at the top frame and at the bottom frame at 24.52 N. The results of the security factor in the manual calculation on the upper frame are 230.4> 1 and at the bottom frame is 1,070.8> 1. In the solidworks simulation results, the load contained in the upper frame is 70 N and the bottom frame is 50 N. The maximum voltage that occurs is 61.1 N/m2, the maximum displacement that occurs is 0.00876 mm, the maximum strain results that occur 1,000292 with the maximum frame position is still very safe and the calculation of the safety factor on the frame is 3.3> 1 frame is still safe to use. Keywords : Frame Design, Galvanized Steel, Style Momen, Solidworks Simulation, Safety Factor. Pada zaman sekarang ini khususnya di Indonesia penggunaan kompresor sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Dalam sebuah perancangan suatu kompresor terdapat sebuah desain dan frame. Desain adalah sebuah perencanaan dalam sebuah objek, sistem, komponen atau struktur sebagai penopang dari suatu komponen kompresor tersebut dan lainnya. Sedangkan frame adalah rangka yang berfungsi sebagai penopang berat suatu komponen, serta part lainnya. Mengingat fungsinya yaitu sebagai penopang beban dari kompresor agar frame bekerja dengan baik dan benar. Tujuannya adalah penulis membuat frame dari hasil pengembangan yang sudah. Cara pembuatan frame pada alat kompresor adalah penulis mendesain dengan software solidworks serta melakukan uji simulasi dan menganalisis beban momen gaya yang terjadi pada frame dengan perhitungan statika struktur, penulis membandingkan hasil dari uji simulasi dan perhitungan manual dengan melakukan penambahan beban berat pada simulasi solidworks yang akan dilakukan. Pemilihan material pada desain frame untuk kompresor tersebut adalah galvanized steel. Setelah melakukan desain dan beberapa analisis uji statik menggunakan solidworks simulation serta perhitungan manual hasil yang didapat pada perhitungan manual adalah sebesar 58,86 N pada frame atas dan pada frame bawah sebesar 24,52 N. Hasil safety factor pada perhitungan manual pada frame atas adalah 230,4>1 dan pada frame bawah adalah 1.070,8>1. Pada hasil uji simulasi solidworks beban yang terdapat pada frame atas sebesar 70 N dan frame bawah sebesar 50 N. Hasil tegangan maksimal yang terjadi 61,1 N/m2, hasil displacement maksimum yang terjadi 0,00876 mm, hasil regangan maksimum yang terjadi 1,000292 dengan posisi strain frame maksimum masih sangat aman dan perhitungan safety factor pada frame adalah hasilnya 3,3>1 masih aman digunakan. Kata Kunci : Desain Rangka, Galvanized Steel, Momen Gaya, Solidwoks Simulation, Safety Factor.
id IOS5909.50883
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2019-09-25T06:48:50Z
last_indexed 2019-10-14T18:48:13Z
recordtype dc
_version_ 1674510870815703040
score 17.538404