STRATEGI KOMUNIKASI TIM MEDIA INSTAGRAM @SEMUATENTANGBATAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT KOTA BATAM

Main Author: SIMAMORA, FEBRIANA PUDAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/50114/1/01.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/2/02.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/3/03.%20Lembar%20Pernyataan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/4/04.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/5/05.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/6/06.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/7/07.%20Daftar%20Tabe.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/8/08.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/9/10.%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/10/11.%20BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/11/12.%20BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/12/13.%20BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/11/14.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/13/15.%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/12/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/14/17.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/50114/
Daftar Isi:
  • Instagram is a social media that is one of the media used by institutions /companies/communities and so on. Semua Tentang Batam (STB) community using Instagram as an information media for the people of Batam city. This study answers the focus of research related to how the communication strategy of the @semuatentangbatam Instagram media team as information media for the people of Batam city. The theory of the five-step communication planning model explains the stages of communication strategies that researchers value appropriately for use by teams from the Semua Tentang Batam. The five-step communication planning model consists of research, planning, implementation, measurement/evaluation, and reporting. The type of research used is qualitative research with a qualitative descriptive method with the validity technique of source triangulation data. Based on the results of the research, the communication strategies used by the STB at the research stage, namely information obtained from the STB team, the community, and agencies. Cross check with relevant institutions or request video evidence. In the planning stage, communicator publications are carried out by division that is free but with the responsibility of each division. The message contains information regarding the city of Batam except political information. Writing in Indonesian and having writing created by the STB team. The implementation phase, the main media is Instagram. Additional media, namely Facebook, Twitter, Line, Youtube. In the evaluation phase, evaluation is successful because it impacts and changes people's behavior. Evaluation is not successful, it can be seen from some posts that are not understood by the followers regarding the caption and images, and the posts in the instastory "need to practice airing" are considered to be less informative. The reporting phase, if it is successful in developing the method, if it does not succeed, then searching for methods is potentially successful. Keywords : Communication Strategy, Instagram, Semua Tentang Batam Instagram merupakan media sosial yang menjadi salah satu media yang digunakan oleh lembaga/perusahaan/komunitas dan sebagainya. Komunitas Semua Tentang Batam (STB) menggunakan instagram sebagai media informasi masyarakat kota Batam. Penelitian ini menjawab fokus penelitian terkait bagaimana strategi komunikasi tim media instagram @semuatentangbatam sebagai media informasi masyarakat kota Batam. Teori model perencanaan komunikasi lima langkah menjelaskan tahapan strategi komunikasi yang peneliti nilai tepat untuk digunakan oleh tim dari Semua Tentang Batam. Model perencanaan komunikasi lima langkah terdiri dari penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran/evaluasi, dan pelaporan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian, strategi komunikasi yang digunakan STB pada tahap penelitian, yaitu informasi diperoleh dari tim STB, masyarakat, dan instansi. Melakukan cross check kepada lembaga terkait atau meminta bukti video. Tahap perencanaan, komunikator publikasi dilakukan divisi yang luang tetapi dengan tanggung jawab divisi masing-masing. Pesan berisi informasi terkait kota Batam kecuali informasi politik. Tulisan dalam Bahasa Indonesia serta memiliki tulisan yang diciptakan oleh tim STB. Tahap pelaksanaan, media utama adalah Instagram. Media tambahan yaitu Facebook, Twitter, Line, Youtube. Tahap evaluasi, evaluasi berhasil karena memberikan dampak dan mengubah perilaku masyarakat. Evaluasi tidak berhasil terlihat dari beberapa postingan yang kurang dipahami pengikut terkait caption dan gambar, serta postingan di instastory “butuh tatih tayang” dinilai kurang informatif. Tahap pelaporan, jika berhasil melakukan pengembangan metode, jika tidak berhasil maka mencari metode-metode berpotensi berhasil. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Instagram, Semua Tentang Batam