PENGARUH KEGIATAN EVENT MARKETING “CORNETTO POP FEST” TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CORNETTO

Main Author: SYAFITRI, AMALIA ERZA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/49372/1/COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/3/SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/4/LEMBAR%20PENGASAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/5/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/6/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/8/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/9/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/10/BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/11/BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/12/BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/13/BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/14/BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/16/LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/49372/
Daftar Isi:
  • At present, the era of globalization is becoming an opportunity as well as a new business challenge for a company in Indonesia. On the one hand, this era will make it easier for companies to expand their product marketing, but on the other hand, it will lead to increasingly fierce competition between companies, both domestic and foreign. There are several indicators of brand equity, one of which is tied to sales, meaning that there is a guarantee that the company will obtain corporate profits in the future with brand loyalty. To create, improve and maintain customer loyalty on a brand is to add to the benefits of the product itself, one of which is through event marketing. Through event marketing, it will create a special situation or promotional event that has a central focus and attracts attention and involvement from the target audience. The quantitative method used in this study is a survey design, where researchers generalize about the population. This study uses questionnaires distributed to Cornetto customers totaling 75 spectators with a random sampling technique as a sampling technique used. The results of this study indicate that the "Cornetto Pop Fest" marketing event has a positive and significant effect on customer loyalty of 66.8% and has a very strong relationship of 0.817. Customer loyalty is influenced by other factors not examined in this study such as product quality, price, and promos gave and carried out by Cornetto for its customers. Keywords: Customer Loyalty, Event Marketing, Experience, Offline Marketing Pada saat ini, era globalisasi yang menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan bisnis baru bagi sebuah perusahaan di Indonesia. Satu sisi, era ini akan mempermudah perusahaan untuk memperluas pemasaran produknya, namun disisi lain akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar perusahaan, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Ada beberapa indikator dari brand equity, salah satunya adalah yang terikat dengan penjualan, artinya ada jaminan bahwa perusahaan akan memperoleh laba perusahaan dimasa mendatang dengan adanya brand loyalty. Untuk menciptakan, meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan pada suatu merek adalah dengan menambah manfaat produk itu sendiri, salah satunya dengan melalui event marketing. Melalui event marketing akan menciptakan suatu situasi khusus atau peristiwa promosi yang memiliki fokus sentral dan menarik perhatian serta keterlibatan dari khalayak tujuan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini merupakan rancangan survey, dimana peneliti melakukan generalisasi tentang populasi tersebut. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada pelanggan Cornetto yang berjumlah 75 penonton dengan teknik random sampling sebagai teknik penarikan sample yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa event marketing “Cornetto Pop Fest” berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 66,8% serta memiliki hubungan yang sangat kuat sebesar 0,817. Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, harga dan promo yang diberikan dan dilakukan oleh Cornetto untuk pelanggannya. Kata kunci : Event Marketing, Loyalitas Pelanggan, Pemasaran Offline, Pengalaman