Daftar Isi:
  • PT Patra Trading merupakan perusahaan dengan multi bisnis yang memiliki dua bidang usaha utama yaitu trading produk Petrochemical dan jasa operatorship sarana dan fasilitas distribusi yang meliputi penerimaan, penimbunan serta penyaluran LPG dan produk Petrochemical. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi kerja di dalam suatu organisasi. Salah satu faktor yang mampu memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja adalah peran pemimpin. Setiap pemimpin memiliki sifat, kebiasaan, emosi, watak dan kepribadiaan yang unik. Oleh karena itu, gaya yang diterapkan untuk memimpin sebuah organisasi akan berbeda dengan orang lain. Untuk mencapai tujuan organisasi, dibutuhkan komunikasi internal yang baik. Komunikasi internal yang baik akan memungkinkan pertukaran informasi dan koordinasi berjalanan dengan lancar sehingga tujuan dari organisasi akan dapat dicapai dengan mudah. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh komunikasi internal dangaya kepemimpinan terhadapmotivasi kerja para karyawan PT Patra Trading. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling acak, sampelnya diambil dari 92 orang karyawan karyawan PT Patra Trading. Data diperoleh dari penilaian sampel melalui kuesioner yang disebarkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian ini juga sejalan dengan berbagai penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa motivasi kerja karyawan dapat dipengaruhi dari komunikasi internal dan gaya kepemimpinan. Dalam penelitian ini, kualitas cara mengembangkan hubungan yang memperlihatkan kepekaan terhadap kebutuhan para karyawandan instruksi secara jelastentang bagaimana para karyawan melakukan pekerjaan mempengaruhi dorongan kebutuhan para karyawan PT Patra Trading akan penghargaan diri. Kata kunci: komunikasi, internal, gaya, kepemimpinan, motivasi