IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DIVISI CORPORATE COMMUNICATIONS DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT SEKITAR PT. KOMPAS GRAMEDIA (Studi Kasus Pada Program Bentara Budaya Jakarta Periode 2017)
Daftar Isi:
- Program Corporate Social Responsibility semakin dianggap penting bagi perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Implementasi Corporate Social Responsibility pada PT. Kompas Gramedia salah satunya dalam bidang kebudayaan yaitu melalui program Bentara Budaya Jakarta. Program tersebut menjadi penghubung antara PT. Kompas Gramedia dan masyarakat untuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat serta menjaga citra perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Program Corporate Social Responsibility Divisi Corporate Communications dalam membangun Citra PT. Kompas Gramedia. Dengan menggunakan landasan teori Corporate Social Responsibility yang ada di dalam buku Hendrik Budi Untung yaitu Corporate Social Responsibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai implementasi yang dilakukan Program Corporate Social Responsibility PT. Kompas Gramedia dalam program Bentara Budaya Jakarta. Dengan menggunakan strategi komunikasi yang mengenalkan program tersebut melalui pameran seni rupa,pentas seni dan workshop. Strategi pesan yang disampaikan kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan dan informasi seputar budaya tradisional. Dan strategi media untuk mempublikasi program Bentara Budaya Jakarta melalui media sosial, cetak dan elektronik. Penelitian ini menyimpulkan tiga strategi yang dilakukan oleh Program Corporate Social Responsibility PT. Kompas Gramedia melalui program Bentara Budaya Jakarta dapat meningkatka citra perusahaan tersebut dan direspon positif oleh masyarakat. Kata kunci : Corporate Social Responsibility (CSR)