SISTEM PENGUKURAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN CIRINTEN
Daftar Isi:
- Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja pegawai merupakan suatu kegiatan yang sangat penting karena dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan dinas dalam mencapai visi dan misi dinas. Dinas atau instansi perlu mengetahui berbagai kelemahan dan kelebihan pegawai sebagai landasan untuk memperbaiki kelemahan dan menguatkan kelebihan dalam rangka meningkatkan produktifitas dan pengembangan pegawai sehingga kinerja pegawai pada setiap instansi harus dioptimalkan demi tercapainya tujuan instansi tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penilaian kinerja secara periodik. Penilaian disini dimaksudkan untuk mengetahui apakah unjuk kerja dari pegawai sudah memenuhi standar kerja yang diharapkan atau belum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja kantor Kecamatan Cirinten khususnya pada bidang tenaga kerja. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Unit analisis adalah individu dan pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner, observasi, dan dokumentasi untuk memberikan informasi tentang Kinerja Pegawai. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kinerja pegawai di kantor Kecamatan Cirinten secara umum dapat dikatakan sudah baik, berdasarkan nilai akhir kinerja masingmasing pegawai dengan mengakumulasikan nilai Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku kerja secara keseluruhan sehingga dapat disimpulkan berada pada level “baik”. Namun terdapat beberapa kekurangan pada beberapa aspek yang perlu dibenahi. Kata kunci : Kinerja, Pegawai, Sasaran Kerja Pegawai, Perilaku Kerja