Daftar Isi:
  • Di Jakarta, sarana dan prasarana transportasi telah berkembang dengan cepat. Hal tersebut berakibat terhadap kinerja lalu lintasnya. Kendaraan pribadi yang semakin meningkat jumlahnya tidak diimbangi dengan perbaikan jalan di perkotaan sehingga menimbulkan masalah kemacetan. Jalan Doktor Saharjo Tebet Jakarta Selatan merupakan salah satu jalan yang banyak diakses oleh pengendara kendaraan pribadi, karena merupakan salah satu akses menuju pusat bisnis dan perkantoran. Terutama pada saat jam sibuk pagi dan sore hari, Jalan Doktor Saharjo yang terdapat putar balik yang mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan. Selain itu juga beberapa hambatan lalu lintas seperti para pengendara yang parkir di pinggir jalan serta kendaraan umum yang berhenti tidak pada tempatnya juga merupakan salah satu yang menghambat lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja ruas dan simpang jalan pada jam sibuk pagi, siang dan sore hari dengan cara survey volume lalu lintas dan dianalisa menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) yang akan menentukan kinerja ruas dan simpang. Dari hasil analisa dan pengolahan data, didapatkan kinerja simpang Jalan Doktor Saharjo cukup baik dengan LOS B untuk semua arah. Sedangkan untuk kinerja ruas Jalan Doktor Saharjo pada segmen 1-arah 1 dan 2 waktu sibuk pagi kinerjanya kurang baik dengan LOS D. Hal tersebut dikarenakan terdapat U turn di ujung Jalan Doktor Saharjo yang mengakibatkan volume ruas meningkat. Selain dari segmen 1-arah 1 dan 2 pada waktu sibuk pagi, kinerja ruas cukup baik dengan LOS B dan C. Kata kunci : Simpang Tak Bersinyal, Volume Lalu Lintas, LOS, Analisa Kinerja, Ruas dan Simpang