STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN LEBAK DALAM UPAYA MENIGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI KAMPUNG SUKU BADUY TAHUN 2017
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keindahan alam dan tempat - tempat wisata yang dapat mendukung perkembangan pariwisata. Pentingnya aset pariwisata merupakan pemasukan besar bagi negara, pemerintah berusaha meningkatkan semua aspek pariwisata, salah satunya dengan kegiatan promosi pariwisata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam upaya meningkatkan jumlah wisawatan Kampung Suku Baduy. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran ebagai salah satu kegiatan pemasaran, promosi sebagai salah satu bauran promosi. Bauran promosi yang digunakan untuk mempromosikan Kampung Suku Baduy, tidak hanya menggunakan satu atau dua elemen saja, tetapi menggunakan 6 bauran elemen promosi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan. Peneliti menyajikan uraian mengenai proses strategi promosi sebagaimana adanya yang didapatkan dilokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam usaha meningkatkan jumlah wisatawan sudah sesuai dengan menggunakan 6 elemen bauran promosi dan analisis STP. Kata Kunci : Strategi Promosi, Bauran Promosi, Dinas Pariwisata