STRATEGI PERSONAL SELLING MENGGUNAKAN QR CODE SEBAGAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PT MERCURY GOOSPERY INDONESIA PERIODE JANUARI-JULI 2017
Daftar Isi:
- PT Mercury Goospery Indonesia menerapkan program QRCode dan online stok sebagai jawaban dari tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana QRCode dimanfaatkan oleh PT Mercury Goospery Indonesia untuk meningkatkan penjualan ditengah persaingan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep Pemasaran, Pelanggan Industri, Promotion Mix, dan New Media. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan paradigm konstruksivis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunaan proses pengumpulan data lewat wawancara dan kajian data sekunder dari perusahaan. Untuk meningkatkan performa personal sellling melalui teknologi komunikasi, QR Code berperan sebagai pesan, media sekaligus ‘mesin’ yang bekerja untuk memudahkan perusahaan terhubung dengan pelanggan dengan lebih baik, real time, dan efektif. QR Code dikolaborasikan dengan personal selling adlah hasil dari kajian terhadap karakter pelanggan B2B dan pola pembelian mereka, serta karakter karakter tools promosi yang dapat digunakan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa promosi yang dilakukan PT Mercury Goospery Indonesia dengan memanfaatkan QR Code belum memberikan hasil maksimal walaupun sudah diawali dengan riset permintaan pelanggan sebelumnya. Kata Kunci : QRCode, QR Code, B2B, Goospery, PT Mercury Goospery Indonesia