TAS MOTOR MULTIPOSISI
Daftar Isi:
- Based on the problems of motorcyclists especially sport motorcycle, where they do not have luggage storage for their personal / driving stuff. So many of the riders are choosing to use a motorcycle bag. Motorcycle bag itself is one type of bag that is specifically applied to the motorcycle. Motorcycle bag that is currently circulating in Indonesia has 4 types with each of its different characteristics according to its function. The 4 (four) types are tankbag, tailbag, dufflebag and sidebag. Tankbag is a special motorcycle bag applied over the motorcycle tank. Tailbag is a special motorcycle bag applied to the back seat of the motorcycle. Almost the same as the tailbag, the dufflebag is also in the back seat of the motorcycle, but with characteristics that have larger dimensions and volume capacity. While the sidebag is a special motorcycle bag applied on the right and left rear of the motorcycle. Basically, the bag structure of a motorcycle is similar to that of a fashion handbag in general, with a difference only in features that support specifically to be applied to motorcycle. This product was made to make it easier for riders because of its multiposition and multifunctional features which were originally just tankbags - tailbags and backpacks / carry-ons. In order to unify the characteristics of a tankbag - tailbag - dufflebag - sidebag - a backpack / carry bag all at once. With the addition of the characteristics of the dufflebag and sidebag this makes it an increasingly frugal motorcycle bag. Because 1 bag has advantages that can be placed in 4 positions and functions as needed. With a variety of structures and elements that exist in this multiposition bag products, it is expected that the design can be favored by all users and can support the needs of riders who want to put forward the function as well as look attractive because the shape is nice and easy to carry anywhere. Keywords: Bag, Motorcycle, Multiposition, Design. Didasari atas permasalahan pengendara roda dua khususnya yang bermotor sport, dimana mereka tidak memiliki bagasi penyimpanan untuk barang-barang berkendara/pribadi mereka. Maka banyak para pengendara tersebut memilih untuk menggunakan tas motor. Tas motor sendiri merupakan salah satu jenis tas yang khusus untuk diaplikasikan pada motor. Tas motor yang ada pada saat ini beredar di Indonesia mempunyai 4 jenis dengan masing-masing karakteristiknya yang berbeda sesuai fungsinya. Ke 4 (empat) jenis itu adalah tankbag, tailbag, dufflebag dan sidebag. Tankbag adalah tas motor yang khusus diaplikasikan diatas tangki motor. Tailbag merupakan tas motor yang khusus diaplikasikan pada jok bagian belakang motor. Hampir sama dengan tailbag, dufflebag juga ada di jok belakang motor, tetapi dengan karakteristiknya yang mempunyai dimensi dan volume kapasitas yang lebih besar. Sedangkan sidebag merupakan tas motor yang khusus diaplikasikan di sisi kanan dan kiri belakang motor. Pada dasarnya, struktur tas motor sama seperti struktur tas fesyen pada umumnya, dengan perbedaan hanya pada fitur yang mendukung khusus untuk diaplikasikan pada motor. Karya ini dibuat untuk semakin memudahkan pengendara karena fitur multiposisi dan multifungsinya yang semula hanya tankbag - tailbag dan tas ransel/jinjing. Agar dapat menyatukan karakteristik tankbag – tailbag – dufflebag - sidebag - tas ransel/jinjing sekaligus. Dengan penambahan karakteristik dari dufflebag dan sidebag ini menjadikannya tas motor yang semakin hemat. Karena 1 tas memiliki kelebihan yang dapat ditaruh pada 4 posisi dan fungsi yang sesuai kebutuhan. Dengan berbagai struktur dan elemen yang ada dalam 1 produk tas multiposisi ini, diharapkan desainnya dapat disukai oleh semua pengguna dan dapat menunjang kebutuhan pengendara yang ingin mengedepankan fungsi sekaligus berpenampilan menarik karena bentuknya yang bagus dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Kata kunci: Tas, Motor, Multiposisi, Desain.