AKTIVITAS PERSONAL SELLING AGEN ASURANSI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PRODUK ASURANSI JIWA TAHUN 2017
Daftar Isi:
- Dewasa ini masyarakat semakin menyadari kebutuhan akan memiliki asuransi. Hal tersebut menandakan bahwa ada peluang yang besar dalam bisnis asuransi melihat dari peningkatan jumlah agen yang memiliki lisensi. Dengan situasi ini maka terjadi persaingan ketat antar agen. Salah satu cara yang dilakukan agen dalam mengkomunikasikan produk asuransinya kepada calon nasabah yaitu personal selling dan cara ini diterapkan agen asuransi pada kantor pemasaran GP United. Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui proses personal selling yang dilakukan agen asuransi dalam mengkomunikasikan produk asuransi jiwa yaitu Prulink Assurance Account. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan. Peneliti menyajikan uraian mengenai proses personal selling sebagaimana adanya yang didapatkan di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agen asuransi dalam mengkomunikasikan produknya dilakukan sesuai dengan proses personal selling menurut pemikiran Kotler dan Amstrong yaitu : mencari calon pelanggan dan menilai kualitasnya, pra-pendekatan, pendekatan, melakukan presentasi dan demonstrasi, menangani penolakan, menutup transakasi penjualan dan menindaklanjuti. Dan teknik personal selling merupakan teknik yang cocok digunakan agen asuransi dalam mengkomunikasikan produknya kepada calon nasabah. Kata kunci : personal selling, Kotler dan Amstrong, Deskriptif Kualitatif