Daftar Isi:
  • This study aims to determine whether there is a relationship between self esteem with bullying behavior to junior high school students “x” in Jakarta. The method used in this research is quantitative approach. The sample of the study was 227 students of SMPN “X” in Jakarta. In this research the sampling technique used is simple random sampling, where sampling is done randomly according to the existing population. Measuring instrument used in this study is a measuring tool self esteem and bullying behavior. The analysis technique used is Spearman Correlation Analysis. The results concluded that there is significant positive relationship between self esteem and bullying behavior to students of SMPN “X” in Jakarta. Keywords : Self Esteem, Bullying Behavior Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan self esteem dengan perilaku bullying. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan siswa SMPN “X” di Jakarta sebanyak 227 responden. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak sesuai dengan populasi yang ada. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur self esteem dan perilaku bullying. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis Korelasi Spearman. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self esteem dengan perilaku bullying pada siswa SMPN “X” di Jakarta. Kata Kunci : Self Esteem, Perilaku Bullying