ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN KARANGTENGAH - JALAN CINERE RAYA
ctrlnum |
45561 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/</relation><title>ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN KARANGTENGAH - JALAN CINERE RAYA</title><creator>FATA, JAUHAR NI'MAL</creator><subject>388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya</subject><subject>388.1 Roads/Jalan</subject><subject>625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya</subject><subject>625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan</subject><subject>711.41 Plans based on Street Patterns/Rencana berdasarkan Pola Jalan Tata Kota</subject><description>Title: Performance Analysis of Roads and Unmarked Intersections in Karangtengah Road - Cinere
Raya Road, Name: Jauhar Ni'mal Fata, 41116120130, Lecturer: Ir. Sylvia Indriany., MT Year
2018.
Intersection of Jalan Karangtengah - Jalan Cinere Raya. Many activists in the Karangtengah Road
- Cinere Raya Road intersection, and there are no traffic lights. This causes traffic congestion
which results in increased conflicts that arise and can cause a decrease in the speed of traffic flow
and the level of security and comfort for road user. Therefore, it is necessary to evaluate the
performance of unsignalized intersections on Karangtengah Road and Cinere Raya Road. This
research was conducted based on data collection obtained from primary data and secondary data.
Primary data is obtained from survey results of traffic volume, road geometric and so on during
peak hours on weekdays. While secondary data is obtained from the map of the intersection
location. After collecting the data, then the results of data processing are assisted by using
calculations based on MKJI 1997. From the results of the analysis and processing of the
intersection data, there were opportunities for queuing with LOS D in the morning and evening
periods, while the afternoon period was obtained by LOS C.
Then after calculating the analysis on alternative 1, the probability of queuing with LOS C was
obtained during the afternoon and evening periods, while the morning period was obtained by LOS
D. Then recalculated with alternative analysis data 2 obtained the chance of queuing with LOS C in
3 periods. Alternative result 2 is that of the total of all vehicles, motorbikes have a percentage of
59.53% of the total vehicles available, then performance optimization is carried out by transferring
traffic during rush hour in the morning at 06.00 - 08.00, noon at 12.00-13.00, and afternoon 17.00-
19.00. While on the performance of the Karangtengah road and the main cinere road there is no
problem, as evidenced by the calculation of the middle coral road section, the LOS B value was
obtained in 3 periods. Then the southern highway cinere road obtained the LOS B value in the
morning and afternoon, while the afternoon period obtained LOS C. Kemudian ruas jalan cinere
raya arah utara didapatkan nilai LOS C pada 3 periode.
Keywords: unsignalized intersection, degree of saturation, and queue opportunity

Judul: Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Tak Bersinyal Pada Jalan Karangtengah - Jalan
Cinere Raya, Nama: Jauhar Ni'mal Fata, 41116120130, Dosen Pembimbing: Ir. Sylvia Indriany.,
MT Tahun 2018.
Persimpangan Jalan Karangtengah – Jalan Cinere Raya. Banyak aktifiktas di ruas simpang Jalan
Karangtengah – Jalan Cinere Raya, dan tidak terdapat lampu lalu lintas. Hal ini menyebabkan
terjadinya kemacetan lalu lintas yang mengakibatkan meningkatnya konflik yang timbul dan dapat
menyebabkan turunnya kecepatan arus lalu lintas serta tingkat keamanan dan kenyamanan bagi
pengguna jalan. Untuk itu diperlukan pengevaluasian terhadap kinerja simpang tak bersinyal
pada Jalan Karangtengah dan Jalan Cinere Raya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan
pengumpulan data yang diperoleh dari data primer maupun data sekunder. Data primer
didapatkan dari hasil survey volume lalu lintas, geometrik jalan dan sebagainya pada jam sibuk di
hari kerja. Sedangkan data sekunder didapatkan dari peta lokasi simpang tersebut. Setelah
pengumpulan data tersebut, lalu hasil pengolahan data dibantu dengan menggunakan perhitungan
berdasarkan MKJI 1997. Dari hasil analisis dan pengolahan data simpang didapatkan peluang
antrian dengan LOS D pada periode pagi dan sore, sedangkan periode sore didapatkan LOS C.
Kemudian setelah di hitung analisis pada alternatif 1 didapatkan nilai peluang antrian dengan LOS
C pada periode siang dan sore, sedangkan periode pagi didapatkan LOS D. Kemudian dihitung
kembali dengan data analisis alternatif 2 didapatkan peluang antrian dengan LOS C pada 3
periode. Hasil alternatif 2 yaitu dari total semua kendaraan, sepeda motor memiliki prosentase
sebesar 59,53% dari total kendaraan yang ada, maka optimasi kinerja dilakukan dengan
pengalihan lalulintas di saat jam sibuk pada pagi pukul 06.00 - 08.00, siang pukul 12.00-13.00,
dan sore pukul 17.00-19.00. Sedangkan pada kinerja ruas jalan karangtengah dan jalan cinere
raya tidak ada masalah, terbukti perhitungan ruas jalan karangtengah didapatkan nilai LOS B
pada 3 periode. Kemudian ruas jalan cinere raya arah selatan didapatkan nilai LOS B pada pagi
dan siang, sedangkan periode sore didapatkan LOS C. Kemudian ruas jalan cinere raya arah utara
didapatkan nilai LOS C pada 3 periode.
Kata Kunci : Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, dan Peluang Antrian</description><date>2018-11-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/1/1.Halaman%20judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/2/2.Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/3/3.Surat%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/4/4.Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/5/5.Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/6/6.Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/7/7.Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/8/8.Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/9/9.Daftar%20Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/10/10.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/11/11.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/12/12.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/13/13.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/14/14.Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/15/15.Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45561/16/16.Lampiran.pdf</identifier><identifier> FATA, JAUHAR NI'MAL (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN KARANGTENGAH - JALAN CINERE RAYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>45561</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FATA, JAUHAR NI'MAL |
title |
ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN KARANGTENGAH - JALAN CINERE RAYA |
publishDate |
2018 |
topic |
388 Ground Transportation Transportasi Jalan Raya 388.1 Roads Jalan 625.7 Road Engineering Teknik Jalan Raya 625.8 Artificial Road Surfaces Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan 711.41 Plans based on Street Patterns Rencana berdasarkan Pola Jalan Tata Kota |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/45561/1/1.Halaman%20judul.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/2/2.Abstrak.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/3/3.Surat%20Pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/4/4.Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/5/5.Kata%20Pengantar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/6/6.Daftar%20Isi.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/7/7.Daftar%20Tabel.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/8/8.Daftar%20Gambar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/9/9.Daftar%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/10/10.BAB%20I.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/11/11.BAB%20II.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/12/12.BAB%20III.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/13/13.BAB%20IV.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/14/14.Bab%20V.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/15/15.Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/16/16.Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45561/ |
contents |
Title: Performance Analysis of Roads and Unmarked Intersections in Karangtengah Road - Cinere
Raya Road, Name: Jauhar Ni'mal Fata, 41116120130, Lecturer: Ir. Sylvia Indriany., MT Year
2018.
Intersection of Jalan Karangtengah - Jalan Cinere Raya. Many activists in the Karangtengah Road
- Cinere Raya Road intersection, and there are no traffic lights. This causes traffic congestion
which results in increased conflicts that arise and can cause a decrease in the speed of traffic flow
and the level of security and comfort for road user. Therefore, it is necessary to evaluate the
performance of unsignalized intersections on Karangtengah Road and Cinere Raya Road. This
research was conducted based on data collection obtained from primary data and secondary data.
Primary data is obtained from survey results of traffic volume, road geometric and so on during
peak hours on weekdays. While secondary data is obtained from the map of the intersection
location. After collecting the data, then the results of data processing are assisted by using
calculations based on MKJI 1997. From the results of the analysis and processing of the
intersection data, there were opportunities for queuing with LOS D in the morning and evening
periods, while the afternoon period was obtained by LOS C.
Then after calculating the analysis on alternative 1, the probability of queuing with LOS C was
obtained during the afternoon and evening periods, while the morning period was obtained by LOS
D. Then recalculated with alternative analysis data 2 obtained the chance of queuing with LOS C in
3 periods. Alternative result 2 is that of the total of all vehicles, motorbikes have a percentage of
59.53% of the total vehicles available, then performance optimization is carried out by transferring
traffic during rush hour in the morning at 06.00 - 08.00, noon at 12.00-13.00, and afternoon 17.00-
19.00. While on the performance of the Karangtengah road and the main cinere road there is no
problem, as evidenced by the calculation of the middle coral road section, the LOS B value was
obtained in 3 periods. Then the southern highway cinere road obtained the LOS B value in the
morning and afternoon, while the afternoon period obtained LOS C. Kemudian ruas jalan cinere
raya arah utara didapatkan nilai LOS C pada 3 periode.
Keywords: unsignalized intersection, degree of saturation, and queue opportunity
Judul: Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Tak Bersinyal Pada Jalan Karangtengah - Jalan
Cinere Raya, Nama: Jauhar Ni'mal Fata, 41116120130, Dosen Pembimbing: Ir. Sylvia Indriany.,
MT Tahun 2018.
Persimpangan Jalan Karangtengah – Jalan Cinere Raya. Banyak aktifiktas di ruas simpang Jalan
Karangtengah – Jalan Cinere Raya, dan tidak terdapat lampu lalu lintas. Hal ini menyebabkan
terjadinya kemacetan lalu lintas yang mengakibatkan meningkatnya konflik yang timbul dan dapat
menyebabkan turunnya kecepatan arus lalu lintas serta tingkat keamanan dan kenyamanan bagi
pengguna jalan. Untuk itu diperlukan pengevaluasian terhadap kinerja simpang tak bersinyal
pada Jalan Karangtengah dan Jalan Cinere Raya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan
pengumpulan data yang diperoleh dari data primer maupun data sekunder. Data primer
didapatkan dari hasil survey volume lalu lintas, geometrik jalan dan sebagainya pada jam sibuk di
hari kerja. Sedangkan data sekunder didapatkan dari peta lokasi simpang tersebut. Setelah
pengumpulan data tersebut, lalu hasil pengolahan data dibantu dengan menggunakan perhitungan
berdasarkan MKJI 1997. Dari hasil analisis dan pengolahan data simpang didapatkan peluang
antrian dengan LOS D pada periode pagi dan sore, sedangkan periode sore didapatkan LOS C.
Kemudian setelah di hitung analisis pada alternatif 1 didapatkan nilai peluang antrian dengan LOS
C pada periode siang dan sore, sedangkan periode pagi didapatkan LOS D. Kemudian dihitung
kembali dengan data analisis alternatif 2 didapatkan peluang antrian dengan LOS C pada 3
periode. Hasil alternatif 2 yaitu dari total semua kendaraan, sepeda motor memiliki prosentase
sebesar 59,53% dari total kendaraan yang ada, maka optimasi kinerja dilakukan dengan
pengalihan lalulintas di saat jam sibuk pada pagi pukul 06.00 - 08.00, siang pukul 12.00-13.00,
dan sore pukul 17.00-19.00. Sedangkan pada kinerja ruas jalan karangtengah dan jalan cinere
raya tidak ada masalah, terbukti perhitungan ruas jalan karangtengah didapatkan nilai LOS B
pada 3 periode. Kemudian ruas jalan cinere raya arah selatan didapatkan nilai LOS B pada pagi
dan siang, sedangkan periode sore didapatkan LOS C. Kemudian ruas jalan cinere raya arah utara
didapatkan nilai LOS C pada 3 periode.
Kata Kunci : Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, dan Peluang Antrian |
id |
IOS5909.45561 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2019-05-09T00:34:27Z |
last_indexed |
2019-05-09T00:34:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510786632876032 |
score |
17.538404 |