ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA JALAN ( Studi Kasus di Kampus I Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Main Author: YULIARTANTO, EKO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/45557/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/3/3.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/4/4.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/7/8.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/8/7.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/9/10.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/10/11.%20BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/11/12.%20BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/12/13.%20BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/13/14.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/14/15.%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/15/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/16/17.%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45557/
Daftar Isi:
  • Judul Tugas Akhir: Analisis Karakteristik Parkir dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)). Nama: Eko Yuliartanto. NIM: 41113120133, Pembimbing: Dr. Hermanto Dwiatmoko, MSTr.,IPU. 2018. Aktifitas civitas di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) tidak terlepas dengan prasarana penunjang ruang parkir yang memadai, mau tidak mau fasilitas kebutuhan ruang parkir yang memadai harus disediakan oleh pengelola Kampus, sebagai prasarana penunjang kegiatan tersebut. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk analisis parkir bersumber Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir (Dirjen Perhubungan Darat 1998) dan untuk kinerja lalu lintas menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997. Penelitian dilakukan melalui persiapan a). Survei area, b). Survei parkir dan lalu lintas, c). Pengumpulan data-data, d). Analisis data, e). Kesimpulan dan saran. Maksud dan tujuan dilakukannya penelitian adalah Menganalisis karakteristik parkir di Kampus I, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang meliputi : akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, indeks parkir dan tingkat turnover dan Mengetahui pengaruh parkir kendaraan terhadap kinerja jalan di kampus I Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Hasil dari penelitian diperoleh bahwa indeks parkir (IP) > 100% artinya bahwa fasilitas parkir bermasalah, dimana kebutuhan parkir melebihi daya tampung/kapasitas normal, sehingga berpengaruh dengan kinerja jalan di depan kampus terutama parkir kendaraan mobil, yang menggunakan sebagian badan jalan menyebabkan arus lalu lintas tersendat dengan rata-rata kecepatan kendaraan mobil yang melintas disepanjang jalan minor-jalan utama (dari jalan Terusan Hang Lekir ke Jalan Hang Lekir I) yaitu 12,384 Km/jam. Nilai tingkat layan jalan adalah F, karena nilai derajat kejenuhan =3,00 ((DS>0,75), menunjukkan terhentinya arus kendaraan pada titik kemacetan seperti pada pertemuan jalur, kondisi penyalipan atau penyempitan jalur akibat badan jalan yang menyempit akibat digunakan untuk parkir dan atau keluar masuknya kendaraan. Jika kondisi ini terjadi, terdapat kemungkinan peningkatan panjang antrian yang besar karena terjadi konflik antar kendaraan. Kata Kunci : Karakteristik Parkir, Kinerja Jalan Simpang-3 Tak Bersinyal.