KONSTRUKSI KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ANGGOTA DPR RI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING
ctrlnum |
45184 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/</relation><title>KONSTRUKSI KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ANGGOTA DPR RI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING</title><creator>SEMBIRING, SANIKA</creator><subject>153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi</subject><subject>175 Ethics of Recreation, Public Performances, Communication/Etika di Bidang Rekreasi dan Olah Raga, Etika Pertandingan, Etika Penampilan, Etika Komunikasi</subject><subject>302.2 Communication/Komunikasi</subject><subject>657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan</subject><subject>780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi</subject><description>Indonesia is a unitary country not only consists of thousands of islands but also
various racial, ethnic, religious and cultural subcultures. In our nation, Pancasila is
an unifying diversity and the basis for implementing democracy. In a democratic
system, all citizens are treated equal in making decisions and one form is general
elections. As a legislative body, the House of Representatives is a people's
representative who is directly elected by the people through general elections. As
representatives of the people, members of the Indonesian House of
Representatives need to maintain their personal branding, in order to get a place in
the hearts of their constituents. Good personal branding is also needed by
members of the Indonesian House of Representatives, as to make them to be able
to re-elected for the next term. Personality and communication are the
components that make up personal branding which can be done by the members
of the House of Representatives to their constituents. Bearing in mind that
Indonesia is a country that has a variety of diversity, members of the Indonesian
House of Representatives need to carry out intercultural communication.
This research use a qualitative approach with the type of descriptive research.
Researchers collect data by direct observation to the field and in-depth interviews
with resource persons and literature studies.The results of this research discuss the
construction of intercultural communication competencies conducted by members
of the Indonesian House of Representatives to maintain their personal branding.
This research concludes that almost all members of the Indonesian House of
Representatives have intercultural communication competencies to maintain
personal branding in their electoral districts.
Concept: Intercultural communication, intercultural communication
competence, personal branding

Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dan juga
terdiri dari berbagai subkultur ras, suku bangsa, agama, dan budaya. Dalam
kehidupan berbangsa, Pancasila merupakan pemersatu keberagaman sebut dan
merupakan landasan pelaksanaan demokrasi. Dalam sistem demokrasi
memungkinkan semua warga negara setara dalam pengambilan keputusan dan
salah satu bentuknya adalah pemilihan umum.
Sebagai lembaga legislatif, DPR RI merupakan wakil rakyat yang dipilih
langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Sebagai wakil rakyat, anggota
DPR RI perlu menjaga personal brandingnya, agar mendapat tempat dihati
konstituennya. Personal branding yang baik juga diperlukan oleh anggota DPR
RI, agar dapat dipilih kembali pada saat akan mencalonkan diri kembali.
Kepribadian dan komunikasi merupakan salah satu komponen pembentuk
personal branding yang dapat dilakukan oleh anggota DPR RI kepada
konstituennya. Mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai
keragaman, maka anggota DPR RI perlu menjalankan komunikasi antarbudaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi langsung ke
lapangan serta wawancara mendalam kepada narasumber dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini membahas mengenai konstruksi kompetensi komunikasi
antarbudaya yang dilakukan oleh anggota DPR RI untuk mempertahankan
personal brandingnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hampir seluruh
anggota DPR RI memiliki kompetensi komunikasi antarbudaya untuk
mempertahankan personal branding di dapilnya.
Konsep : Komunikasi antarbudaya, Kompetensi komunikasi antarbudaya,
personal branding</description><date>2018-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/6/6.%20daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/9/9.%20bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/10/10.%20bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/11/11.%20bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/12/12.%20bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/13/13.%20bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/14/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45184/15/17.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SEMBIRING, SANIKA (2018) KONSTRUKSI KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ANGGOTA DPR RI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>45184</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SEMBIRING, SANIKA |
title |
KONSTRUKSI KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ANGGOTA DPR RI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING |
publishDate |
2018 |
topic |
153.6 Communication Psychology Psikologi Komunikasi 175 Ethics of Recreation Public Performances Communication/Etika di Bidang Rekreasi dan Olah Raga Etika Pertandingan Etika Penampilan Etika Komunikasi 302.2 Communication Komunikasi 657.84 Communications and Entertainment Media Media Komunikasi dan Hiburan 780.14 Language and Communication Bahasa dan Komunikasi |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/45184/1/1.%20Halaman%20Judul.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/2/2.%20Abstrak.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/3/3.%20Surat%20Pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/6/6.%20daftar%20isi.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/9/9.%20bab%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/10/10.%20bab%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/11/11.%20bab%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/12/12.%20bab%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/13/13.%20bab%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/14/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/15/17.%20LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45184/ |
contents |
Indonesia is a unitary country not only consists of thousands of islands but also
various racial, ethnic, religious and cultural subcultures. In our nation, Pancasila is
an unifying diversity and the basis for implementing democracy. In a democratic
system, all citizens are treated equal in making decisions and one form is general
elections. As a legislative body, the House of Representatives is a people's
representative who is directly elected by the people through general elections. As
representatives of the people, members of the Indonesian House of
Representatives need to maintain their personal branding, in order to get a place in
the hearts of their constituents. Good personal branding is also needed by
members of the Indonesian House of Representatives, as to make them to be able
to re-elected for the next term. Personality and communication are the
components that make up personal branding which can be done by the members
of the House of Representatives to their constituents. Bearing in mind that
Indonesia is a country that has a variety of diversity, members of the Indonesian
House of Representatives need to carry out intercultural communication.
This research use a qualitative approach with the type of descriptive research.
Researchers collect data by direct observation to the field and in-depth interviews
with resource persons and literature studies.The results of this research discuss the
construction of intercultural communication competencies conducted by members
of the Indonesian House of Representatives to maintain their personal branding.
This research concludes that almost all members of the Indonesian House of
Representatives have intercultural communication competencies to maintain
personal branding in their electoral districts.
Concept: Intercultural communication, intercultural communication
competence, personal branding
Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dan juga
terdiri dari berbagai subkultur ras, suku bangsa, agama, dan budaya. Dalam
kehidupan berbangsa, Pancasila merupakan pemersatu keberagaman sebut dan
merupakan landasan pelaksanaan demokrasi. Dalam sistem demokrasi
memungkinkan semua warga negara setara dalam pengambilan keputusan dan
salah satu bentuknya adalah pemilihan umum.
Sebagai lembaga legislatif, DPR RI merupakan wakil rakyat yang dipilih
langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Sebagai wakil rakyat, anggota
DPR RI perlu menjaga personal brandingnya, agar mendapat tempat dihati
konstituennya. Personal branding yang baik juga diperlukan oleh anggota DPR
RI, agar dapat dipilih kembali pada saat akan mencalonkan diri kembali.
Kepribadian dan komunikasi merupakan salah satu komponen pembentuk
personal branding yang dapat dilakukan oleh anggota DPR RI kepada
konstituennya. Mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai
keragaman, maka anggota DPR RI perlu menjalankan komunikasi antarbudaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi langsung ke
lapangan serta wawancara mendalam kepada narasumber dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini membahas mengenai konstruksi kompetensi komunikasi
antarbudaya yang dilakukan oleh anggota DPR RI untuk mempertahankan
personal brandingnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hampir seluruh
anggota DPR RI memiliki kompetensi komunikasi antarbudaya untuk
mempertahankan personal branding di dapilnya.
Konsep : Komunikasi antarbudaya, Kompetensi komunikasi antarbudaya,
personal branding |
id |
IOS5909.45184 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2019-05-09T00:34:08Z |
last_indexed |
2019-05-09T00:34:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510783878266880 |
score |
17.538404 |