STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV

Main Author: RACHMAN, FIKRI AULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/45103/1/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/2/07.ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%20SKRIPSI%2C%20TANDA%20LULUS%20SIDANG%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/4/03.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/5/04.DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/6/06.DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/7/05.DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/8/08.BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/9/09.BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/10/10.BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/11/11.BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/12/12.BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/13/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/14/14.LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/
ctrlnum 45103
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/</relation><title>STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV</title><creator>RACHMAN, FIKRI AULIA</creator><subject>070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita</subject><subject>070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan</subject><subject>070.19 Broadcast Media/Media Broadcast</subject><subject>070.195 Television/Televisi</subject><subject>791.45 Television/Televisi</subject><description>Program Standup Comedy Indonesia merupakan program hiburan di&#xD; Kompas TV. Ini merupakan acara komedi yang ditayangkan oleh Kompas TV&#xD; setiap Sabtu, Pukul 19.00-21.00 WIB. Selain itu program ini juga sebagai ajang&#xD; kontestasi antara komika yang ada di seluruh Indonesia. Dimana audisi diadakan&#xD; di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak, Medan,&#xD; dan kota lainnya. Melalui program ini ingin mencari anak muda yang memiliki&#xD; bakat komedi dengan metode standup comedy. Terbukti banyak sekali para&#xD; komika lahir dari program kontestasi komedi ini.&#xD; Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi kreatif produser dan tim&#xD; kreatif apa yang diterapkan untuk mempertahankan eksistensi Program Standup&#xD; Comedy Indonesia. Selain itu juga ingin melihat faktor pendorong dan&#xD; penghambat dalam menerapkan strategi kreatif. Dalam penerapan strategi kreatif&#xD; produser dilakukan di setiap tahapan produksi, meliputi tahapan pra produksi,&#xD; proses produksi, dan pasca produksi. Dalam pembahasannya menggunakan&#xD; beberapa teori atau konsep, seperti teori manajemen, media massa, strategi kreatif&#xD; produser, dan tahapan produksi film. Melalui teori manajemen akan memberikan&#xD; penjelasan dari beberapa unsur untuk menerapkan stratei kreatif, seperti man,&#xD; money, market, dan machine. Selain itu melalui fungsi manajemen juga melalui&#xD; fungsi pengaturan dan perencanaan untuk strategi kreatif.&#xD; Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Maksudnya penyajian&#xD; data dilakukan berupa tulisan, gambaran, atau penjelasan. Pengumpulan data&#xD; dilaksanakan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik wawancara diterapkan&#xD; dengan mewawancarai Produser dan Tim Kreatif Program Standup Comedy&#xD; Indonesia. Sedangkan studi pustaka melalui data yang berasal dari buku, jurnal,&#xD; dan website.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif produser dibagi dalam&#xD; tiga tahapan produksi. Pertama, strategi kreatif pada tahapan pra produksi dengan&#xD; memunculkan ide baru dan beda dari acara sebelumnya. Di dalamnya terdapat&#xD; proses brainstorming yang berasal tim kreatif terkait tren pasar di masyarakat&#xD; luas. Kedua, strategi kreatif pada tahapan proses produksi dilakukan dengan&#xD; menampilkan berbagai gimmick yang tidak diketahui oleh penonton banyak dan&#xD; mengkoordinasi beberapa tim yang terlibat dalam pembuatan program komedi&#xD; tersebut. Ketiga, strategi kreatif produser pada tahapan pasca produksi melalui&#xD; proses editing dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh produser. Kemudian&#xD; faktor pendorong strategi kreatif adalah adanya tim yang solid dalam program&#xD; tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah dana yang dibutuhkan&#xD; untuk melakukan gimmick.</description><date>2018-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/1/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/2/07.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%20SKRIPSI%2C%20TANDA%20LULUS%20SIDANG%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/4/03.KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/5/04.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/6/06.DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/7/05.DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/8/08.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/9/09.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/10/10.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/11/11.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/12/12.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/13/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/14/14.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RACHMAN, FIKRI AULIA (2018) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>45103</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RACHMAN, FIKRI AULIA
title STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV
publishDate 2018
topic 070.1 Documentary Media
Educational Media
News Media/Media Dokumenter
Media Pendidikan
Media Berita
070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media
News Media
Journalism
Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter
Jurnalisme
Penerbitan
070.19 Broadcast Media
Media Broadcast
070.195 Television
Televisi
791.45 Television
url http://repository.mercubuana.ac.id/45103/1/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/2/07.ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%20SKRIPSI%2C%20TANDA%20LULUS%20SIDANG%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/4/03.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/5/04.DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/6/06.DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/7/05.DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/8/08.BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/9/09.BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/10/10.BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/11/11.BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/12/12.BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/13/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/14/14.LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/
contents Program Standup Comedy Indonesia merupakan program hiburan di Kompas TV. Ini merupakan acara komedi yang ditayangkan oleh Kompas TV setiap Sabtu, Pukul 19.00-21.00 WIB. Selain itu program ini juga sebagai ajang kontestasi antara komika yang ada di seluruh Indonesia. Dimana audisi diadakan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak, Medan, dan kota lainnya. Melalui program ini ingin mencari anak muda yang memiliki bakat komedi dengan metode standup comedy. Terbukti banyak sekali para komika lahir dari program kontestasi komedi ini. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi kreatif produser dan tim kreatif apa yang diterapkan untuk mempertahankan eksistensi Program Standup Comedy Indonesia. Selain itu juga ingin melihat faktor pendorong dan penghambat dalam menerapkan strategi kreatif. Dalam penerapan strategi kreatif produser dilakukan di setiap tahapan produksi, meliputi tahapan pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Dalam pembahasannya menggunakan beberapa teori atau konsep, seperti teori manajemen, media massa, strategi kreatif produser, dan tahapan produksi film. Melalui teori manajemen akan memberikan penjelasan dari beberapa unsur untuk menerapkan stratei kreatif, seperti man, money, market, dan machine. Selain itu melalui fungsi manajemen juga melalui fungsi pengaturan dan perencanaan untuk strategi kreatif. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Maksudnya penyajian data dilakukan berupa tulisan, gambaran, atau penjelasan. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik wawancara diterapkan dengan mewawancarai Produser dan Tim Kreatif Program Standup Comedy Indonesia. Sedangkan studi pustaka melalui data yang berasal dari buku, jurnal, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif produser dibagi dalam tiga tahapan produksi. Pertama, strategi kreatif pada tahapan pra produksi dengan memunculkan ide baru dan beda dari acara sebelumnya. Di dalamnya terdapat proses brainstorming yang berasal tim kreatif terkait tren pasar di masyarakat luas. Kedua, strategi kreatif pada tahapan proses produksi dilakukan dengan menampilkan berbagai gimmick yang tidak diketahui oleh penonton banyak dan mengkoordinasi beberapa tim yang terlibat dalam pembuatan program komedi tersebut. Ketiga, strategi kreatif produser pada tahapan pasca produksi melalui proses editing dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh produser. Kemudian faktor pendorong strategi kreatif adalah adanya tim yang solid dalam program tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah dana yang dibutuhkan untuk melakukan gimmick.
id IOS5909.45103
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2019-05-09T00:34:02Z
last_indexed 2019-05-09T00:34:02Z
recordtype dc
_version_ 1674510783267995648
score 17.538404