STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV
ctrlnum |
45103 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/</relation><title>STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV</title><creator>RACHMAN, FIKRI AULIA</creator><subject>070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita</subject><subject>070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan</subject><subject>070.19 Broadcast Media/Media Broadcast</subject><subject>070.195 Television/Televisi</subject><subject>791.45 Television/Televisi</subject><description>Program Standup Comedy Indonesia merupakan program hiburan di
Kompas TV. Ini merupakan acara komedi yang ditayangkan oleh Kompas TV
setiap Sabtu, Pukul 19.00-21.00 WIB. Selain itu program ini juga sebagai ajang
kontestasi antara komika yang ada di seluruh Indonesia. Dimana audisi diadakan
di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak, Medan,
dan kota lainnya. Melalui program ini ingin mencari anak muda yang memiliki
bakat komedi dengan metode standup comedy. Terbukti banyak sekali para
komika lahir dari program kontestasi komedi ini.
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi kreatif produser dan tim
kreatif apa yang diterapkan untuk mempertahankan eksistensi Program Standup
Comedy Indonesia. Selain itu juga ingin melihat faktor pendorong dan
penghambat dalam menerapkan strategi kreatif. Dalam penerapan strategi kreatif
produser dilakukan di setiap tahapan produksi, meliputi tahapan pra produksi,
proses produksi, dan pasca produksi. Dalam pembahasannya menggunakan
beberapa teori atau konsep, seperti teori manajemen, media massa, strategi kreatif
produser, dan tahapan produksi film. Melalui teori manajemen akan memberikan
penjelasan dari beberapa unsur untuk menerapkan stratei kreatif, seperti man,
money, market, dan machine. Selain itu melalui fungsi manajemen juga melalui
fungsi pengaturan dan perencanaan untuk strategi kreatif.
Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Maksudnya penyajian
data dilakukan berupa tulisan, gambaran, atau penjelasan. Pengumpulan data
dilaksanakan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik wawancara diterapkan
dengan mewawancarai Produser dan Tim Kreatif Program Standup Comedy
Indonesia. Sedangkan studi pustaka melalui data yang berasal dari buku, jurnal,
dan website.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif produser dibagi dalam
tiga tahapan produksi. Pertama, strategi kreatif pada tahapan pra produksi dengan
memunculkan ide baru dan beda dari acara sebelumnya. Di dalamnya terdapat
proses brainstorming yang berasal tim kreatif terkait tren pasar di masyarakat
luas. Kedua, strategi kreatif pada tahapan proses produksi dilakukan dengan
menampilkan berbagai gimmick yang tidak diketahui oleh penonton banyak dan
mengkoordinasi beberapa tim yang terlibat dalam pembuatan program komedi
tersebut. Ketiga, strategi kreatif produser pada tahapan pasca produksi melalui
proses editing dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh produser. Kemudian
faktor pendorong strategi kreatif adalah adanya tim yang solid dalam program
tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah dana yang dibutuhkan
untuk melakukan gimmick.</description><date>2018-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/1/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/2/07.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%20SKRIPSI%2C%20TANDA%20LULUS%20SIDANG%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/4/03.KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/5/04.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/6/06.DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/7/05.DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/8/08.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/9/09.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/10/10.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/11/11.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/12/12.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/13/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/45103/14/14.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RACHMAN, FIKRI AULIA (2018) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>45103</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RACHMAN, FIKRI AULIA |
title |
STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV |
publishDate |
2018 |
topic |
070.1 Documentary Media Educational Media News Media/Media Dokumenter Media Pendidikan Media Berita 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media News Media Journalism Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter Jurnalisme Penerbitan 070.19 Broadcast Media Media Broadcast 070.195 Television Televisi 791.45 Television |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/45103/1/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/2/07.ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%20SKRIPSI%2C%20TANDA%20LULUS%20SIDANG%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/4/03.KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/5/04.DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/6/06.DAFTAR%20TABEL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/7/05.DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/8/08.BAB%20I.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/9/09.BAB%20II.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/10/10.BAB%20III.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/11/11.BAB%20IV.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/12/12.BAB%20V.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/13/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/14/14.LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/45103/ |
contents |
Program Standup Comedy Indonesia merupakan program hiburan di
Kompas TV. Ini merupakan acara komedi yang ditayangkan oleh Kompas TV
setiap Sabtu, Pukul 19.00-21.00 WIB. Selain itu program ini juga sebagai ajang
kontestasi antara komika yang ada di seluruh Indonesia. Dimana audisi diadakan
di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak, Medan,
dan kota lainnya. Melalui program ini ingin mencari anak muda yang memiliki
bakat komedi dengan metode standup comedy. Terbukti banyak sekali para
komika lahir dari program kontestasi komedi ini.
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi kreatif produser dan tim
kreatif apa yang diterapkan untuk mempertahankan eksistensi Program Standup
Comedy Indonesia. Selain itu juga ingin melihat faktor pendorong dan
penghambat dalam menerapkan strategi kreatif. Dalam penerapan strategi kreatif
produser dilakukan di setiap tahapan produksi, meliputi tahapan pra produksi,
proses produksi, dan pasca produksi. Dalam pembahasannya menggunakan
beberapa teori atau konsep, seperti teori manajemen, media massa, strategi kreatif
produser, dan tahapan produksi film. Melalui teori manajemen akan memberikan
penjelasan dari beberapa unsur untuk menerapkan stratei kreatif, seperti man,
money, market, dan machine. Selain itu melalui fungsi manajemen juga melalui
fungsi pengaturan dan perencanaan untuk strategi kreatif.
Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Maksudnya penyajian
data dilakukan berupa tulisan, gambaran, atau penjelasan. Pengumpulan data
dilaksanakan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik wawancara diterapkan
dengan mewawancarai Produser dan Tim Kreatif Program Standup Comedy
Indonesia. Sedangkan studi pustaka melalui data yang berasal dari buku, jurnal,
dan website.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif produser dibagi dalam
tiga tahapan produksi. Pertama, strategi kreatif pada tahapan pra produksi dengan
memunculkan ide baru dan beda dari acara sebelumnya. Di dalamnya terdapat
proses brainstorming yang berasal tim kreatif terkait tren pasar di masyarakat
luas. Kedua, strategi kreatif pada tahapan proses produksi dilakukan dengan
menampilkan berbagai gimmick yang tidak diketahui oleh penonton banyak dan
mengkoordinasi beberapa tim yang terlibat dalam pembuatan program komedi
tersebut. Ketiga, strategi kreatif produser pada tahapan pasca produksi melalui
proses editing dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh produser. Kemudian
faktor pendorong strategi kreatif adalah adanya tim yang solid dalam program
tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah dana yang dibutuhkan
untuk melakukan gimmick. |
id |
IOS5909.45103 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2019-05-09T00:34:02Z |
last_indexed |
2019-05-09T00:34:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510783267995648 |
score |
17.538404 |