Daftar Isi:
  • This paper aims to discover and analyze the policy implementation and SMP Pawyatan Daha 1 Kediri’s teachers creativity to revitalize the values of Pancasila through instructional communication in teaching and learning activities to form the student’s character based on Pancasila. The research design using qualitative approach with case study method. Data analyzed were using the interviews result with teachers and students, research observations, informants data and literature studies. The conclusion from the research is to revitalize the values of Pancasila the teachers at SMP Pawyatan Daha 1 Kediri using the role simulation and culture approach. Keywords: Instructional Communication, Revitalization, Pancasila, Policy, Creativity Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa implementasi kebijakan dan kreativitas para guru di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri dalam upayanya merevitalisasi nilai-nilai Pancasila kepada peserta didiknya melalui komunikasi instruksional pada kegiatan belajar mengajar sebagai upaya untuk membentuk remaja dengan karakter yang berlandaskan Pancasila. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisa adalah hasil wawancara dengan pengajar dan peserta didik, data hasil observasi penelitian, data-data mengenai informan dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam upayanya membumikan kembali nilai-nilai Pancasila, pengajar di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan simulasi peran dan budaya. Kata Kunci: Komunikasi Instruksional, Revitalisasi, Pancasila, Kebijakan, Kreativitas