MAKNA PESAN MURAL “BERKARYA UNTUK ILAHI” KARYA TEAM 3:54 PROJECT DIKANTOR DAQU MOVIE

Main Author: PUTRI, DESTRIA ANDIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/44937/1/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/2/04.ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/3/02.LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/4/03.LEMBAR%20PERSETUJUAN%20SKRIPSI%2C%20TANDA%20LULUS%20SIDANG%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/5/05.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/6/06.DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/7/07.DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/8/08.DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/9/09.DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/10/10.BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/11/11.BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/12/12.BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/13/13.BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/14/14.BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/15/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/16/16.LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/44937/
Daftar Isi:
  • Public Relations is a bridge for internal and external companies, where the bridge functions so that internal and external stakeholders remain loyal and survive in the company. Internal activities within the company are also a major factor in developing the company. One of the Public Relations Activity Innovations according to researchers for employees is Mural. The company that provides creative communication activities that researchers want to research is the Daqu Movie company, which has a Mural in its office. This research was conducted to find out the meaning of a mural in the Daqu Movie office by using the foundation of the theory of Public Relations activity. This study uses a qualitative approach with the type of descriptive research. The research method used is Semiotics Sanders Peirce. The results of this study discuss the meaning that the researcher analyzes from the "Work For God" Mural in analyzing sign, object and interpretant. Therefore, researchers are able to get an idea of the meaning of a mural in the Daqu Movie office that is applied to the internal stakeholder environment that is related to the element of public relations This study concludes that the meaning of the mural "Work For God" means a calmness and comfort to the crew when they feel down. Each icon in Mural is a characteristic of each member, this can increase the employee's sense of belonging to the company. Other things in the mural can be the most important solution when employees get a problem, so the mural can again build employee motivation. Keyword: Public Relations, Internal Activities, Internal Stakeholders, Semiotics Public Relations merupakan sebuah jembatan bagi internal dan eksternal perusahaan, dimana jembatan tersebut berfungsi agar stakeholder internal dan eksternalnya tetap setia dan bertahan pada perusahaan tersebut. Aktivitas internal di dalam perusahaan juga termasuk faktor utama dalam mengembangkan perusahaan itu sendiri. Salah satu Inovasi Aktivitas Public Relations menurut peneliti bagi karyawan adalah Mural. Perusahaan yang memberikan aktivitas komunikasi kreatif yang peneliti ingin teliti adalah perusahaan Daqu Movie, yang terdapat sebuah Mural di dalam kantor nya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna sebuah Mural di dalam kantor Daqu Movie dengan menggunakan landasan teori aktivitas Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah Semiotika Sanders Peirce. Hasil penelitian ini membahas mengenai makna yang peneliti analisis dari Mural “Berkarya Untuk Ilahi” dalam menganalisis sign, object dan interpretant. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai makna sebuah Mural di dalam kantor Daqu Movie yang diterapkan pada lingkungan stakeholder internal yang berkaitan unsur public relation. Penelitian ini menyimpulkan bahwa makna dari mural “Berkarya Untuk Ilahi” memiliki arti sebuah ketenangan dan kenyamanan kepada crew ketika mereka merasa down. Setiap icon di dalam Mural merupakan ciri khas dari tiap anggota, hal ini dapat meningkatkan sense of belonging karyawan kepada perusahaan. Hal lainnya dalam mural tersebut dapat menjadi sebuah solusi yang paling utama ketika karyawan mendapat sebuah problem, sehingga mural dapat kembali membangun motivasi karyawan. Keyword : Public Relations, Aktivitas Internal, Stakholder Internal, Semiotika