Daftar Isi:
  • Diorama is a miniature scenery equipped with sculptures and details of the environment as the original, then combined with a natural-colored background. One of the functions of dioramas is as a medium for marketing toy cars so that products look more attractive. The high prospect of selling toy cars has resulted in higher demand for manufacturers for dioramas. Among diorama brands that have been present in the Indonesian market, all themed buildings in Japan and America as the home country of its diorama product brand. Author makes a diorama-themed products by lifting local culture which can only be found in Indonesia in perspective that Indonesians generally find in their daily lives. The author hopes that with the presence of dioramas of Indonesian-themed toy cars, it can add value to collectors that are not obtained from the imported diorama of toy cars. Keyword : Diorama, Indonesia, Toy Car Diorama adalah sajian pemandangan dalam ukuran kecil yang dilengkapi dengan patung dan perincian lingkungan seperti aslinya serta dipadukan dengan latar yang berwarna alami. Salah satu fungsi diorama adalah sebagai media pemasaran mobil mainan sehingga produk terlihat lebih menarik. Tingginya prospek penjualan mobil mainan mengakibatkan kebutuhan produsen terhadap diorama juga semakin tinggi. Diantara jajaran merek diorama yang telah hadir dipasaran Indonesia seluruhnya bertemakan negara Jepang atau Amerika sebagai negara asal dari merek produk diorama tersebut. Latar belakang penulis membuat sebuah produk diorama yang bertemakan negara Indonesia dengan mengangkat budaya lokal yang hanya dapat ditemukan di Indonesia dalam perspektif yang pada umumnya orang Indonesia temukan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penulis berharap dengan kehadiran diorama mobil mainan bertemakan Indonesia dapat menambah nilai tersendiri untuk kolektor yang tidak didapatkan dari produk diorama mobil mainan import. Kata kunci: Diorama, Mobil Mainan, Indonesia