PEMANFAAATAN PENGUNAAN SERBUK BATA MERAH SEBAGAI FILLER PENGGANTI PADA CAMPURAN ASPHALT (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI MARSHALL DAN WHEEL TRACKING
ctrlnum |
44541 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/</relation><title>PEMANFAAATAN PENGUNAAN SERBUK BATA MERAH SEBAGAI FILLER PENGGANTI PADA CAMPURAN ASPHALT (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI MARSHALL DAN WHEEL TRACKING</title><creator>RIFQI, MUHAMAD</creator><subject>620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan</subject><subject>624 Civil Engineering/Teknik Sipil</subject><subject>693.4 Artificial Stones and Hollow Bricks/Batu Buatan dan Batu Bata</subject><description>The purpose of this research is o find the right hotmix asphalt concrete binder wearing (ACWC) formula by adding red brick ash to know Void in Mix (VIM), Void Filled With Asphal (VFA), Marshall Quotient (MQ), Void In Mineral Aggregate (VMA), Melt (Flow) and Time Strength Index (IKS). Hotmix sample test using Marshall method and wheel tracking to determine the strength of optimum asphalt content (KAO) at filler percentage 0%, 2%, 4%, 6% and 7%. The data were obtained from sample test at DKI Jakarta Bina Marga Laboratory. Based on the results of this study showed that asphalt optimum content obtained for 5.5%, and asphalt content Optimum replacement filler using Red Brick Red Stone by 2%. This proves that the addition of red brick ash has a significant effect on the stability and flow rate of the AC-WC mixture. Durability and flexibility of AC-WC type road construction is better. From Wheel Tracking test results obtained that the filler using cement get 2739 trajectory / mm, while the filler using red brick ash gets 2520.0 Trajectory / mm.
Keywords: Marshall, Wheel Tracking, Red Brick Ash, Optimum Asphalt Level

Penelitian ini bertujuan untuk mencari formula hotmix jenis asphalt concrete binder
wearing (ACWC) yang tepat dengan cara menambahkan abu batu bata merah untuk
mengetahui Void in Mix (VIM), Void Filled With Asphal (VFA), Marshall Quotient (MQ),
Void In Mineral Agregat (VMA), Kelelehan (Flow) dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS).
Pengujian sampel hotmix menggunakan metode Marshall dan Wheel Tracking untuk
menentukan kekuatan kadar aspal optimum (KAO) pada persen filler 0%, 2%, 4%, 6% dan
7%. Data diperoleh dari pengujian sample di Laboratorium Dinas Bina Marga DKI Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kadar Aspal Optimum yang didapat
sebesar 5.5%, dan Kadar Aspal Optimum pengganti filler menggunakan Abu Batu Bata
Merah sebesar 2% . Ini membuktikan bahwa penambahan, abu batu bata merah memiliki
pengaruh nyata terhadap nilai stabilitas dan flow campuran AC-WC. Daya tahan dan
kelenturan konstruksi jalan jenis AC-WC menjadi lebih baik. Dari hasil pengujian Wheel
Tracking didapat bahwa filler yang menggunakan semen mendapatkan 2739 Lintasan/mm,
sedangkan filler yang menggunakan abu batu bata merah mendapatkan 2520.0
Lintasan/mm.
Kata Kunci : Marshall, Wheel Tracking, Abu Batu Bata Merah, Kadar Aspal Optimum</description><date>2018-09-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/1/1.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/9/9.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/10/10%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/11/11.%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/12/12.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/13/13.%20Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/14/14.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/44541/15/15.%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> RIFQI, MUHAMAD (2018) PEMANFAAATAN PENGUNAAN SERBUK BATA MERAH SEBAGAI FILLER PENGGANTI PADA CAMPURAN ASPHALT (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI MARSHALL DAN WHEEL TRACKING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>44541</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIFQI, MUHAMAD |
title |
PEMANFAAATAN PENGUNAAN SERBUK BATA MERAH SEBAGAI FILLER PENGGANTI PADA CAMPURAN ASPHALT (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI MARSHALL DAN WHEEL TRACKING |
publishDate |
2018 |
topic |
620 Engineering and Applied Operations Ilmu Teknik dan operasi Terapan 624 Civil Engineering Teknik Sipil 693.4 Artificial Stones and Hollow Bricks Batu Buatan dan Batu Bata |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/44541/1/1.%20Cover.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/2/2.%20Abstrak.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/7/7.%20Daftar%20Tabel.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/8/8.%20Daftar%20Gambar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/9/9.%20Bab%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/10/10%20Bab%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/11/11.%20Bab%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/12/12.%20Bab%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/13/13.%20Bab%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/14/14.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/15/15.%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/44541/ |
contents |
The purpose of this research is o find the right hotmix asphalt concrete binder wearing (ACWC) formula by adding red brick ash to know Void in Mix (VIM), Void Filled With Asphal (VFA), Marshall Quotient (MQ), Void In Mineral Aggregate (VMA), Melt (Flow) and Time Strength Index (IKS). Hotmix sample test using Marshall method and wheel tracking to determine the strength of optimum asphalt content (KAO) at filler percentage 0%, 2%, 4%, 6% and 7%. The data were obtained from sample test at DKI Jakarta Bina Marga Laboratory. Based on the results of this study showed that asphalt optimum content obtained for 5.5%, and asphalt content Optimum replacement filler using Red Brick Red Stone by 2%. This proves that the addition of red brick ash has a significant effect on the stability and flow rate of the AC-WC mixture. Durability and flexibility of AC-WC type road construction is better. From Wheel Tracking test results obtained that the filler using cement get 2739 trajectory / mm, while the filler using red brick ash gets 2520.0 Trajectory / mm.
Keywords: Marshall, Wheel Tracking, Red Brick Ash, Optimum Asphalt Level
Penelitian ini bertujuan untuk mencari formula hotmix jenis asphalt concrete binder
wearing (ACWC) yang tepat dengan cara menambahkan abu batu bata merah untuk
mengetahui Void in Mix (VIM), Void Filled With Asphal (VFA), Marshall Quotient (MQ),
Void In Mineral Agregat (VMA), Kelelehan (Flow) dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS).
Pengujian sampel hotmix menggunakan metode Marshall dan Wheel Tracking untuk
menentukan kekuatan kadar aspal optimum (KAO) pada persen filler 0%, 2%, 4%, 6% dan
7%. Data diperoleh dari pengujian sample di Laboratorium Dinas Bina Marga DKI Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kadar Aspal Optimum yang didapat
sebesar 5.5%, dan Kadar Aspal Optimum pengganti filler menggunakan Abu Batu Bata
Merah sebesar 2% . Ini membuktikan bahwa penambahan, abu batu bata merah memiliki
pengaruh nyata terhadap nilai stabilitas dan flow campuran AC-WC. Daya tahan dan
kelenturan konstruksi jalan jenis AC-WC menjadi lebih baik. Dari hasil pengujian Wheel
Tracking didapat bahwa filler yang menggunakan semen mendapatkan 2739 Lintasan/mm,
sedangkan filler yang menggunakan abu batu bata merah mendapatkan 2520.0
Lintasan/mm.
Kata Kunci : Marshall, Wheel Tracking, Abu Batu Bata Merah, Kadar Aspal Optimum |
id |
IOS5909.44541 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2019-05-09T00:33:36Z |
last_indexed |
2019-05-09T00:33:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510778991902720 |
score |
17.538404 |