HUBUNGAN KECANDUAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMP DI KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN
Daftar Isi:
- In early adolescence, which is still in the stage of self-discovery, they tend to try things this make emotional intelligence is important. Research on the relationship of gadget addiction and emotional intelligence show different results, therefore researchers intend to examine more about the relationship of gadget addiction with emotional intelligence in junior high school students district Pancoran South Jakarta. This research is use by quantitative method which take 352 data, with product moment correlation statistic analysis method in Statistical Package For Social Science (SPSS) program. Gadget addiction measured using a scale which consists of 14 items, and emotional intelligence measured using a scale consists of 15 items. Findings of the study showed that more addicted to gadget will adolescent who have lower emotional intelegence and vicevers. Keywords: gadget addiction, emotional intelligence Pada masa remaja awal, yang masih dalam tahap penemuan diri, mereka cenderung mencoba hal-hal yang menjadikan kecerdasan emosional sebagai hal utama. Penelitian tentang hubungan kecanduan gadget dan kecerdasan emosi yang menentukan hasil yang berbeda-beda, oleh karena itu peneliti bermaksud untuk meneliti lebih lanjut mengenai hubungan kecanduan gadget dengan kecerdasan emosi pada siswa SMP di kecamatan Pancoran Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang mengambil data sebanyak 352, dengan metode analisa statistik kolerasi product moment pada progam Statistical Package For Social Science (SPSS). Kecanduan gadget diukur menggunakan skala yang terdiri dari 14 item, dan kecerdasan emosi diukur menggunakan skala yang terdiri dari 15 item. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa semakin tinggi penggunaan gadget, semakin rendah kecerdasan emosinya, begitu juga sebaliknya. Kata kunci: kecanduan gadget, kecerdasan emosi