DESAIN BUKU KOMIK BERTEMA HOAX “SHIROMENG THE CURIOUS CAT”
Daftar Isi:
- Design of hoax-themed comic "Shiromeng The Curious Cat" is a medium for social campaigning about the knowledge of hoaxes on the Internet. This work is intended to provide relevant insights about hoaxes and entertainment to the public, especially Internet users. Hoax is a false news or information, which is not true but made as if it were true. Hoax is also a serious thing, unlike rumors or jokes, hoaxes can turn people's views badly against something that is not necessarily bad, or even the opposite, also the faster the spread of a hoax’s link or site, the more people are caught in the lie, so it can make the society not so conducive. Therefore, this social campaign is made so that people know, at least about the basic knowledge of hoaxes. Comics is chosen because the medium can tell a story directly or indirectly, making it flexible in loading a topic of the problem. In addition, comic media is also favored by teenagers, especially those who love pop-culture, so it can be accepted and digested better. The design of this work will be very influential to the general public who read, can provide additional insight, and at least can entertain for those who already understand about hoax. Therefore, the design of the hoax-themed comic "Shiromeng The Curious Cat" will be very useful for the community, not to mention for the commoners in recognizing and knowing what a hoax is. Key Word: Hoax, comic, campaign, social, entertainment, teen, pop-culture Desain komik bertema hoax “Shiromeng The Curious Cat” merupakan media untuk berkampanye sosial tentang pengetahuan seputar hoax yang ada di Internet. Karya ini ditujukan untuk memberikan wawasan yang bersangkutan tentang hoax serta hiburan kepada masyarakat luas, khususnya pengguna Internet. Hoax merupakan pemberitaan palsu atau informasi, yang sesungguhnya tidak benar namun dibuat seolah-olah benar adanya. Hoax juga merupakan hal yang serius, tidak seperti rumor ataupun lelucon, hoax dapat mengubah pandangan masyarakat menjadi buruk terhadap sesuatu yang belum tentu hal tersebut buruk, atau bahkan sebaliknya, ditambah lagi semakin cepat menyebarnya suatu tautan hoax, akan semakin banyak orang yang terjebak dalam berita bohong, sehingga dapat membuat masyarakat tidak kondusif. Maka dari itu, dibuatnya kampanye sosial ini agar masyarakat tahu, setidaknya tentang pengetahuan seputar hoax yang mendasar. Media Komik dipilih karena media komik dapat menceritakan sebuah informasi secara langsung ataupun tidak langsung, sehingga fleksibel dalam memuat sebuah topik permasalahan. Selain itu, media komik juga disenangi oleh remaja, khususnya yang menyukai pop-kultur, sehingga dapat diterima dan dicerna lebih baik. Perancangan karya ini akan sangat berpengaruh kepada umumnya masyarakat luas yang membaca, dapat memberikan wawasan tambahan, dan setidaknya dapat menghibur bagi yang sudah paham tentang hoax. Maka dari itu, perancangan komik bertema hoax “Shiromeng The Curious Cat” ini akan sangat berguna bagi masyarakat, tak terkecuali yang masih awam dalam mengenali dan mengetahui apa itu hoax. Kata Kunci: Hoax, komik, kampanye, sosial, hiburan, remaja, pop-kultur